Pariwara
Konawe Kepulauan

Desa di Muna dan Konkep Harus Lirik Sektor Produktif

LAODE ALFIN/KENDARI POS
BURSA INOVASI : Salah satu kepala desa di Muna yang melakukan konsultasi potensi wilayahnya dalam acara bursa inovasi desa, jumat (28/9).

KENDARIPOS.CO.ID — Bursa inovasi desa (BID) digelar di Muna. 124 Kepala desa dan masing-masing Ketua Badan Permusyawaratan Desa dikumpulkan untuk meningkatkan kemampuan inovasi dalam melaksanakan program di wilayahnya. Kegiatan itu, menjadi momentum mempercepat akselerasi pembangunan dalam rangka mendukung pemerataan kesejahteraan masyarakat Bumi Sowite.

Setiap desa diberi kartu ide inovasi. Kartu tersebut menjadi kesempatan bagi desa memaparkan potensi unggulan dan mendapat pengarahan tentang pengelolaannya oleh tim ahli inovasi dari pendamping desa. Konsultasi dibuka untuk beragam jenis potensi mulai dari desa wisata, pengembangan produk pertanian, pusat olahraga maupun produk keterampilan. La Ode Darmansyah, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Muna mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang inovasi mengembangkan potensi. Katanya, desa di Muna masih terpaku pada pembangunan infrastruktur sehingga melupakan sektor pemberdayaan masyarakat. Apalagi, dana desa harus memacu kemandirian desa sesuai potensi.

Darmansyah menganggap, kepala desa di Muna masih kurang inovatif melirik sektor produktif seperti pertanian maupun pariwisata. Menurutnya, desa harus mampu menggaet investor dengan berinovasi mengolah potensi daerah seperti jambu mete ataupun sektor pariwisata. “Makanya BID digelar agar desa tidak monoton urus drainase, jalan setapak dan infrastruktur lain. Inovasi desa perlu menyentuh sektor produktif seperti jambu mete, misalnya. Prinsipnya dana desa itu memacu kemandirian. Oleh karena itu program desa harus berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi,” paparnya, Jumat (28/9).

Ia meminta, Kades harus merealisasikan hasil inovasinya ke dalam anggaran pendapatan dan belanja desa. Desa harus memulai program yang menyentuh perekonomian masyarakat secara real. Hal itu, dikuatkan oleh Bupati Muna, LM. Rusman Emba. Ia menyinggung soal Desa Lalarinta yang berhasil mengembangkan desa wisata di Meleura. Dirinya ingin kepala desa mengikuti inovasi yang sudah sukses dilakukan.

“Kita berharap secara bertahap desa di Muna bisa mandiri dengan inovasi-inovasi para kepala desa,” katanya. Anggota Komisi V DPR RI, Ridwan, BAE yang turut hadir dalam kegiatan tersebut juga menjelaskan, saat ini desa menjadi poros utama pembangunan negara. Desa didorong harus mandiri. Hanya saja, Ridwan menilai desa di Muna belum mencapai ekspektasi. Hal itu karena kurangnya inovasi. “Manfaatkan internet, gali informasi dan pelajari desa sukses lain. Sekarang tidak ada kendala, ada dana desa. Yang diperlukan inovasi supaya pembangunan desa mencapai kemandirian desa,” tandas Politikus Golkar tersebut.

Di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), kegiatan BID juga digelar. Produk-produk unggulan yang ada pada 89 desa di Pulau Wawonii ditonjolkan. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konkep, H. Mihdar, mengatakan, program BID untuk menggugah masing-masing kepala desa di Bumi Kelapa itu terus berkreasi, menonjolkan produk unggulan desa. Sepetri, pertanian, pengembangan sumber daya manusia (SDM), infrastruktur dan kewirausahaan.

“Kami akan cari desa yang bisa berkreasi untuk diutus mengikuti inovasi desa nasional di Bali,” kata Kadis DPMD Konkep, H. Mihdar.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Konkep, H. Rustam M. Nur, mengatakan, kegiatan bursa inovasi desa sangat penting untuk menumbuhkembangkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan kreatif. “Konkep sebagai kabupaten baru. Desanya harus terus berinovasi,” kata Rustam M. Nur mewakili Bupati Konkep, H. Amrullah ketika membuka BID. (c/ode/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top