Pariwara
Politik

Dana Kampanye Partai Berkarya Paling Kecil

KENDARIPOS.CO.ID — Masa kampanye pemilihan umum serentak 2019 resmi dimulai pada 23 September lalu. Sebelum memulai masa sosialisasi itu, partai politik (Parpol) diwajibkan menyampaikan laporan dana awal kampanye (LADK) pada Komisi Kemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna.

Ketua KPUD Muna, Kubais mengatakan seluruh parpol telah menyerahkan laporannya dana kampanyenya. Meski ada beberapa Parpol yang dokumennya masih kurang. Pada masa perbaikan, semua dokumen yang direkomendasi penyelenggara bisa dipenuhi.

“Masa perbaikan selama lima hari bisa dimanfaatkan. Namun satu hari jelang penutupan, dokumennya yang kurang bisa dilengkapi. Jadi sejak 27 September, semuanya sudah lengkap,” kata Kubais saat dikonfirmasi Kendari Pos, Kamis (28/9).

Jumlah dana awal kampanye partai politik bervariatif. Ia mencontohkan, Partai Demokrat misalnya memiliki dana awal kampanye Rp 20 juta sebagaimana yang tertera dalam laporannya. Sedangkan yang paling sedikit ialah Partai Berkarya yakni hanya Rp 94.000.

“Secara aturan, telah memenuhi syarat. Sebab batas minimal LADK-nya yakni Rp 50 ribu. Jadi nominalnya tergantung kesiapan Parpol,” ujarnya.

Nominal sumbangan yang teratur PKPU nomor 29 tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU nomor 24 tahun 2018 tentang dana kampanye. Dalam aturan itu, parpol wajib menyerahkan LADK sebagai syarat keikutsertaan Pemilu 2019. “Kalau tidak kumpul, bisa didiskualifikasi. Hanya khusus di Muna, semua sudah lengkap,” pungkasnya. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top