Pariwara
Kolaka Utara

Berkas Fisik Pelamar CPNS Dikirim Usai Pendaftaran

KENDARIPOS.CO.ID — Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) via online di situs SCCN BKN (http://sccn.bkn.go.id) hingga hari ketiga khususnya di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terus diakses para pelamar. Sebagian diantaranya ada yang berhasil mengakses portal tersebut dan melakukan registrasi, meski banyak juga masih berupaya.

Padatnya jalur portal http://sccn.bkn.go.id itu membuat sejumlah pelamar kewalahan melakukan registrasi akun. Darmawati misalnya, warga Kecamatan Iwoimendaa, Kabupaten Kolaka itu mengaku, sejak hari pertama dibuka pendaftaran baru berhasil melakukan registrasi keesokan harinya. Portal BKN benar-benar sibuk dalam 24 jam untuk diakses pengguna untuk memulai melakukan registrasi akun. “Tidak siang, malam hingga dini hari tetap sibuk. Saya terus mencoba stand by di depan laptop, mengulang-ulang dan baru berhasil teregistrasi sore pada hari kedua. Padahal waktu-waktu demikian saya pikir banyak yang akses tetapi saya terus mencoba dan berhasil,” ujar perempuan berstatus honorer tersebut, Jumat (28/9).

Setelah mencetak kartu registrasi, langkah selanjutnya yang Darmawati lakukan adalah loging di portal yang sama untuk melakukan pendaftaran. Kartu registrasi yang usai dicetak itu akan digunakan swafoto sambil memperlihatkan KTP-el. Pelamar diharapkan terlebih dahulu mengarahkan kursor pencarian lowongan di portal BKN.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kolaka, Jumadil, saat dikonfirmasi kemarin menjelaskan, formasi yang diusulkan Pemkab sudah tersedia di kolom “pencarian lowongan” pada laman http://sccn.bkn.go.id. Persyaratan yang harus dipenuhi tertera jelas dalam file tersebut berikut contoh dan tata cara pendaftaran hingga tesnya. “Pahami baik-baik. jika perlu diulang bacanya. Ingat, pengiriman berkas jika sudah klik ‘kirim’ tak bisa diulang lagi,” kata Jumadil, mengingatkan.

Sementara itu terkait berkas fisik yang akan dikirim via Pos meskipun diumumkan sudah bisa dilakukan sejak 26 September ke daerah atau instansi tujuan, namun pihaknya baru akan melakukan jika pendafataran sudah tuntas. Di luar dari berbagai ketentuan, pihaknya secara tegas tidak bertanggung jawab jika ada pihak atau oknum-oknum yang mengatasnamakan tim pengadaan CPNS meminta sejumlah uang atau menjanjikan jaminan kelulusan.

Bahkan, Pemkab Kolut secara tegas akan menggugurkan kelulusan serta memberhentikan secara tidak hormat sebagai CPNS atau PNS. Bahkan menuntut ganti rugi apabila dalam setiap tahapan pendaftaran ada pelamar diketahui memberikan keterangan atau data tidak benar. “Pendaftaran ini gratis. Memanipulasi data serta gunakan calo akan menyusahkan pelamar itu sendiri. Karena keputusan ini mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Usaha, bersungguh-sungguh, banyak belajar dan berdoa itu yang menentukan kelulusan,” tegas Jumadil. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top