Pariwara
Wakatobi

Banyak Anggaran, Kades di Wakatobi Jangan Tergiur

H. Arhawi

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 17 kepala desa (Kades) di Wakatobi resmi mengemban tugas baru usai dilantik Bupati, H. Arhawi. Dalam kesempatan tersebut, Arhawi mengingatkan agar para Kades tak hanya tergiur dengan banyaknya jumlah alokasi anggaran ke desa. Tetapi harus bisa mengelolanya dengan baik. Wakatobi-1 itu meminta agar para Kades, baik yang baru dilantik maupun telah menjalankan tugas sebelumnya, bisa bertanggung jawab atas tugas-tugasnya. Apalagi, Kades dipilih langsung oleh rakyat, sehingga harus amanah dan bekerja sesuai aturan yang berlaku.

“Dengan catatan, bahwa meski dipilih langsung oleh rakyat bukan seolah-olah pemerintah desa terpisah dengan pemerintah daerah. Itu tidak benar. Harus ada koordinasi yang baik,” tegasnya, jumat (28/9). Arhawi menambahkan, pengelolaan alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) harus menjadi perhatian para kepala desa. Bukan karena saat ini telah banyak anggaran yang masuk di desa baik melalui pusat hingga APBD menjadi tujuan utama para kepala desa menduduki posisi tersebut.

“Jangan hanya melihat banyaknya alokasi anggaran. Tapi bagaimana cara mengelola dengan baik. Jangan sampai tersandung kasus gara-gara anggaran tersebut,” harapnya. Selain itu, Ketua KONI Wakatobi tersebut berharap agar para Kades bisa memperkuat tugas-tugas pemerintahan, melakukan koordinasi dan memelihara harmonisasi. “Sehingga saat ada kegiatan-kegiatan baik yang ada di desa maupun tingkat kabupaten bisa dilihat dan dilaporkan mana yang bisa dibiayai melalui APBDes dan APBD,” tandasnya.

Sekadar diketahui, 17 Kades yang dilantik tersebut diantaranya, dari Kecamatan Wangiwangi, Kepala Desa Waha, Koroe Onowa dan Longa. Kades Komala, Numana, Mola Nelayan Bhakti, Mola Utara, Kapota, Wungka di Kecamatan Wangiwangi Selatan. Dari Kaledupa yakni Kades Tano Meha, Sombano, Langge. Termasuk Desa Kahianga di Kecamatan Tomia Timur. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top