Pariwara
Konawe Kepulauan

Warga Wawonii Minta Bupati Konkep Tolak Aktivitas Tambang

MURSALIN/KENDARI POS
TOLAK TAMBANG : Warga Wawonii menduduki kantor Bupati Konkep menuntut agar pemerintah kabupaten mengeluarkan rekomendasi pencabutan izin usaha tambang di wilayah mereka, kamis (27/9)

KENDARIPOS.CO.ID — Rakyat Konawe Kepulauan (Konkep), marah. Suara penolakan terhadap hadirnya perusahaan tambang di tanah kelahiran mereka, sudah sering disuarakan. Terbaru, warga dari Kecamatan Wawonii Tenggara bersama Perhimpunan Mahasiswa dan Masyarakat Wawonii (PMMW) mendatangi kantor bupati, Kamis (27/9). Mereka menuntut Bupati Konkep, H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhamad Lutfi segera membuat pernyataan dan rekomendasi pencabutan izin usaha pertambangan (IUP) yang beroperasi di Pulau Wawonii.

Orator PMMW Konkep, Mando Maskuri, menyatakan, saat ini sudah ada 13 warga Roko-roko, Kecamatan Wawonii Tenggara yang dilaporkan ke Polda Sultra karena dianggap telah melakukan penghinaan pada pihak perusahaan tambang PT Gema Kreasi Perdana. “Kami juga meminta kepala daerah dan seluruh anggota DPRD turun menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Desa Roko-roko, Kecamatan Wawonii Tenggara,” desak Mando Maskuri.

Ia menegaskan, hadirnya investor yang melakukan aktivitas tambang di Wawonii bisa membawa kerusakan lingkungan dan menggagalkan usaha pertanian di wilayah itu. “Kami tidak mau kelapa, cengkih dan pala kami digantikan dengan tambang. Kalau Bupati Amrullah tidak juga mau menemui rakyat, maka kami akan duduki perkantoran ini,” ancamnya lagi.

Di tempat yang sama, Staf Ahli Bupati Konkep, H. Rustam M. Nur, mengaku mengapresiasi aksi warga yang menolak hadirnya usaha pertambangan di Pulau Wawonii. “Saat ini bupati sedang berada di Kota Kendari mengikuti pembahasan anggaran pendapatan belanja daerah perubahan,” katanya, tanpa memberi solusi atas desakan ratusan massa. (b/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top