Pariwara
Politik

Tak Serahkan LADK, PSI Mubar Terancam Didiskualifikasi

Awaludin Usa

KENDARIPOS.CO.ID — Calon anggota legislatif (Caleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muna Barat (Mubar) terancam tidak bisa berkompetisi memperebutkan kursi DPRD setempat. Hingga batas waktu yang ditetapkan, PSI tidak menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK). Padahal Parpol wajib melaporkan LADK ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mubar tanggal 23 September lalu. Bila merujuk pada ketentuan, Parpol yang tidak menyerahkan LADK-nya bakal didiskualifikasi.

Ketua KPUD Mubar, Awaluddin Usa mengatakan ada tiga parpol yang tidak menyerahkan LADK-nya. Tiga Parpol tersebut yaitu, PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda. Untuk Partai Berkarya dan Garuda sambungnya, sejak awal memang tidak mengajukan calegnya.

“Mengenai Parpol yang tidak menyerahkan LADK, kami sudah melaporkan ke penyelenggara Pemilu di tingkat provinsi maupun pusat. Selanjutnya mengenai sanksi bagi parpol yang tidak menyerahkan LADK menjadi kewenangan KPU RI,” beber Awaluddin Usa saat dikonfirmasi, Kamis (27/9).

Dari berkas yang masuk katanya, ada beberapa dokumen LADK Parpol yang belum lengkap. Atas dasar itu, pihaknya memberi kesempatan melakukan perbaikan. Sesuai tahapan, masa perbaikan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 23 s.d 28 September.

“Hari ini (kemarin), semua dokumen LADK yang kurang telah dilengkapi. Tidak hanya Parpol namun juga tim kampanye Capres-Cawapres. Masa perbaikan dokumen hanya diberikan pada dokumen LADK yang belum lengkap. Jadi tidak termasuk tiga Parpol yang tidak menyerahkan LADK-nya,” pungkasnya. (mal)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top