Space Iklan
Pariwara
Politik

Polisi Bakal Telusuri Kampanye Hitam di Medsos

Irjen Setyo Wasisto

KENDARIPOS.CO.ID — Mabes Polri menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara serta Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam upaya memberantas kampanye hitam di media sosial.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya memprediksi konstelasi politik yang semakin memanas menjelang Pileg dan Pilpres 2019 juga berdampak pada aktivitas di media sosial.

“Memang menjelang pileg dan pilpres mesin politik bakal memanas, jadi perlu diantisipasi agar tetap cooling down. Kami sudah bekerja sama dengan Kominfo dan BSSN untuk mengatasi hal ini di media sosial,” jelasnya kepada wartawan di Jakarta Kamis (27/9).

Menurut Setyo, kepolisian akan menindak tegas siapapun yang melakukan kampanye hitam di media sosial. Pihaknya juga sudah menyiapkan tim khusus yang bertugas menyisir seluruh materi di media sosial yang mengarah kampanye hitam. “Jadi biasanya ada postingan ujaran kebencian atau provokatif dan black campaign. Itu bisa dipidanakan,” tegasnya.

Cuitan Wakil Ketua DPR Fadli Zon di akun Twitternya yang memplesetkan lirik lagu potong bebek angsa berujung laporan polisi. Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, terkait diplesetkannya lagu potong bebek angsa ini ada sebagian orang menganggap lebih bahaya dibandingkan black campaign alias kampanye hitam. “Makanya saat ini dilakukan penyelidikan dan bila memerlukan keterangan ahli kita undang,” kata Setyo.

Karena, sambung Setyo, ada sebagian orang yang mengatakan plesetan lagu anak-anak itu lebih bahaya ketimbang melakukan kampanye hitam. “Ada sbagian mengatakan tidak. ini harus dicek lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest mendatangi Bareskrim Polri untuk melaporkan Fadli Zon yang memplesetkan lagu anak-anak ‘Potong Bebek Angsa. Pasalnya, lirik lagunya bermuatan politis dan ada kata PKI. (fiq/wah)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top