Pariwara
Kolaka Utara

Penanaman Cabai Dimulai Pekan Depan di Kolut

Samsu Ridjal

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melakukan penanaman jagung sebagai rangkaian revitalisasi kakao di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), kini Dinas Pertanian setempat mulai mengagendakan untuk penanaman bibit capai, pekan depan. Kadis Pertanian Kolut, Samsu Ridjal, menjelaskan, dari luas lahan 200 hektare, akan diberi jatah bibit 10 kemasan tiap hektare. Jadi secara keseluruhan, bibit yang dipersiapkan pemerintah untuk tanaman sela tersebut sebanyak 2.000 bungkus.

Pengadaan bibit yang sebelumnya disebut lebih dari Rp 250 juta itu, ternyata hanya berharga Rp 4,4 juta. “Hari ini (jumat (28/9)) bibitnya sudah tiba. Minggu depan juga sudah dimulai penanaman,” tuturnya. Samsu Ridjal mengaku, bibit yang telah dipersiapkan itu disalurkan ke kelompok-kelompok tani yang terlibat dan mendukung revitalisasi kako. Penanamannya tidak serentak namun tergantung petani.

“Lain kelompok tani penerima jagung dan lain pula cabai. Tak boleh terima dua-duanya,” ujarnya. Ia juga meminta petani yang hendak memangkas tanaman kakao, maka bisa menghubungi Mantri Perkebunan pada masing-masing desa untuk mendapatkan mesin pemotong. Gergaji tersebut memang dipersiapkan secara khusus untuk memangkas tanaman petani yang hendak direvitalisasi. “Tinggal dihubungi saja,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top