Pariwara
Metro Kendari

Pemkot Kendari Siapkan Rp 4,9 Miliar Untuk Antasipasi Banjir, Kapasitas dan Dimensi Sungai Ditingkatkan

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang Pemkot Kendari tahun ini memprioritaskan upaya penanganan banjir. Salah satunya yakni normalisasi sungai-sungai yang menjadi langganan luapan air setiap tahun. Tak tanggung-tanggung tahun ini PU kebagian anggaran besar untuk program penanggulangan banjir melalui kegiatan normalisasi sungai dan kali.

Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kota Kendari, Mahmud Buburanda mengatakan perhatian Pemkot Kendari terhadap penanganan banjir cukup tinggi. Makanya tahun ini semua sungai dan kali yang dinilai rawan banjir mendapat jatah penanganan yakni Kali Mandonga, Sungai Anawai, Sungai Anggomate dan Sungai Lepolepo. Anggaran yang disiapkan sekira Rp 4,9 miliar.

“Penanganan sungai ini diharapkan dapat mengurangi genangan banjir di Kecamatan Mandonga, Puuwatu, dan Wua-wua. Berdasarkan pengalaman, setiap tahun ini selalu meluap kalau tiba-tiba ada hujan berhari-hari,” ujarnya, Kamis (27/9).

Dalam normalisasi itu, sedimen sungai dikeruk agar kapasitas sungai menampung debit air lebih besar. Selain itu, pembangunan talut dan menambah ketinggian talut pada beberapa titik bantaran sungai. “Diharapkan pada saat hujan, pergerakan air pada sisi kiri dan kanan sungai dapat dikurangi sehingga tidak terjadi longsor bibir sungai, ” jelas Mahmud Buburanda.

Pekerjaan empat sungai itu terus digenjot dan diprediksi akan tuntas akhir Desember.Harapan pemerintah pada masyarakat masih kata mantan kabid Bina Marga PU Konsel ini bahwa banjir bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga masyarakat dengan tidak membuang sampah di sungai. “Karena itu bisa menghambat aliran air,” tutupnya. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top