Pariwara
Nasional

Pemerintah Tak Serius Urus Honorer, DPR: Revisi UU ASN Terancam “Jalan di Tempat”

Honorer di seluruh Indonesia terus mendesak pemerintah melalui aksi agar diangkat jadi PNS. Namun, harapan mereka untuk punya NIP sulit terwujud, karena pemerintah belum serius membahas RUU ASN. Padahal, hanya itu satu-satunya jalan supaya diangkat tanpa tes.

KENDARIPOS.CO.ID — Langkah DPR RI merevisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN) bakal “jalan di tempat”. Pemerintah dan DPR RI tak sejalan dengan langkah revisi UU ASN yang diusulkan DPR untuk memperjuangkan nasib honorer K2 yang sudah melewati syarat usia CPNS. Informasi itu disampaikan Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Supratman Andi Agtas.

Dia mengatakan, pengajuan revisi UU ASN sudah dimasukan dan mendapat dukungan dari semua fraksi di parlemen. Bahkan, fraksi yang mendukung pemerintah ikut mendorong revisi UU ASN tersebut. Bahkan sudah ada Surat Presiden (Surpres) tentang revisi UU ASN Nomor 5 Tahun 2014. “Itu sudah masuk. Kami meminta supaya pemerintah segera memasukan. Bayangkan Surpres-nya ini kan satu hal yang lucu. Pemerintah atau Presiden mengelurkan Surpres, tetapi tidak disertai dengan daftar yang bisa menyelesaikan masalah,” kata Supratman di Jakarta, Kamis (27/9).

Sikap Pemerintah dalam merespon revisi UU ASN nampaknya tak begitu serius. Ini terlihat dengan pengusulan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Bahkan, klaim Pemerintah bahwa Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN) tidak mencukupi untuk membuka formasi CPNS yang baru, padahal langkah pembukaan CPNS secara umum tanpa memikirkan nasib honorer K2 menjadi bukti konkret ketidakseriusan pemerintah dalam revisi UU ASN.

“Nah itu yang membuat kita semakin yakin. Padahal yang mendorong ini teman-teman dari partai pemerintah. Kami minta kesiapan. Jadi alasan yang selama ini didengungkan oleh pemerintah bahwa APBN kita tidak mampu itu tidak terbukti. Pemerintah sendiri memperlihatkan hal itu. Padahal negara mampu dengan membuka formasi yang baru,” jelasnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top