Space Iklan
Pariwara
Nasional

MUI: Jangan Ada Provokasi Tolak Vaksin MR

KENDARIPOS.CO.ID — Majelis Ulama Indonesia (MUI) masih membolehkan penggunaan vaksin measles-rubella (MR). Hal itu sudah ditegaskan melalui Fatwa 33/2018. Produk dari Serum Institute of India (SII) ini masih dibolehkan, lantaran adanya kondisi keterpaksaan. Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi mengimbau kelompok yang belum menerima adanya vaksin agar tidak memengaruhi masyarakat lainnya. Meski menolak, mereka harus tetap bersikap adil dan proporsional.

“Mengimbau kelompok masyarakat tidak melakukan kegiatan provokasi penolakan, menyebarkan berita bohong dan fitnah yang dapat menimbulkan kegaduhan dan keresahan di tengah masyarakat,” ujarnya, Kamis (27/9). Pemerintah diminta untuk lebih gencar dalam mensosialisasikan Fatwa MUI tersebut agar masyarakat memahami secara benar dan tidak timbul kesalahpahaman. Dia memastikan imunisasi itu adalah hal yang baik demi melindungi anak-anak dari bahaya penyakit tersebut.

“Dengan adanya Fatwa MUI tersebut tidak perlu ragu untuk melaksanakan imunisasi vaksin MR demi melindungi anak-anak kita dari bahaya penyakit yang tidak kita inginkan,” kata Zainut. Namum begitu, kebolehan penggunaan vaksin MR sebagaimana dimaksud tidak berlaku jika ditemukan adanya vaksin yang halal dan suci.

“Untuk hal tersebut MUI mendesak kepada pemerintah dan produsen vaksin untuk segera mengusahakan ketersediaan vaksin yang halal untuk kepentingan imunisasi bagi masyarakat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” tutur dia. Sebelumnya, daerah yang terlampau sulit melaksanakan imunisasi ada di wilayah Sumatera. Lima provinsi dengan cakupan terendah di pulau itu, yakni Aceh 7,11 persen, Sumatera Barat 25,25 persen, Riau 23,55 persen, Bangka Belitung 35,3 persen, dan Kepulauan Riau 41,01 persen. (yes/JPC)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top