Pariwara
Bombana

BID Tuntut Pemdes di Bombana Kreatif

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh pemerintah desa (Pemdes) di Kabupaten Bombana dituntut dapat meningkatkan potensi wilayahnya. Program bursa inovasi desa (BID) mewajibkan setiap Pemdes mengeksplor potensi masing-masing. Mulai dari sumber daya alam, manusia dan lainnya. Hal tersebut disampikan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Bombana, Burhanuddin HS. Noy. “Silahkan konsultasi dengan para tenaga ahli pendampingan yang ada. Saling bertukar pikiran, sehingga betul-betul bisa mewujudkan satu program unggulan di desa masing-masing,” kata Burhanuddin, kamis (27/9).

Dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, diamanatkan, Pemdes diberi kewenangan meningkatkan kesejahteraan warganya dengan memanfaatkan potensi yang ada. “Laksanakan sesuai petunjuk teknis yang sudah ada. Jangan sampai keluar dari Juknis. Bisa-bisa merepotkan kepala desa itu sendiri. Dana desa diawasi banyak pihak. Rencanakan program pembangunan dengan melibatkan masyarakat,” tegasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bombana, Hasdin Ratta, juga memaparkan, BID merupakan ajang kreativitas untuk menggali potensi-potensi desa yang dapat diinovasi. “Melalui bursa inovasi desa, para aparatur pemerintahan desa, masyarakat serta pendamping ditantang mengembangkan potensi wilayahnya. Hanya dengan disentuh teknologi sederhana sudah bisa melahirkan inovasi yang berdampak luas pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” timpal Hasdin.

Mantan Kabaghumas Pemkab Bombana itu mengingatkan, yang terpenting bagaimana menjaga komitmen Pemdes untuk mengadopsi istilah ATM (amati, tiru dan modifikasi). Sehingga inovasi yang dipelajari dalam kegiatan BID bisa dikembangkan. Dalam bilik konsultasi yang telah disiapkan, Pemdes maupun pendamping dapat memilih bentuk inovasi yang dapat direplikasi dan ditiru sesuai kondisi desa masing-masing,” tandasnya. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top