Pariwara
Edukasi

UKT USN Kolaka Terendah se-Indonesia

KENDARIPOS.CO.ID — Mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka patutnya bersyukur dapat kuliah di kampus tersebut. Pasalnya, Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang merupakan kewajiban mahasiswa setiap semester sangat terjangkau di USN Kolaka. Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari mengungkapkan, UKT USN Kolaka adalah yang paling rendah dibandingkan dengan UKT yang ditetapkan pada perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya di Indonesia. Dimana UKT yang diterapkan hingga saat ini masih sama dengan UKT saat pertama kali USN Kolaka berstatus sebagai PTN pada tahun 2014 lalu.

“Besaran UKT mahasiswa di USN Kolaka berdasarkan keputusan Kemenristek Dikti itu dibagi menjadi lima kategori yaitu, kategori I Rp 500 ribu, kategori II Rp 750 ribu, kategori IV Rp 1 juta, dan kategori V sebesar Rp 2 juta hingga Rp 2.250.000. Pembagian kategori tersebut berdasarkan penghasilan orangtua mahasiswa. Jadi, semakin tinggi penghasilan orang tuanya maka semakin tinggi pula UKT anaknya, begitupun sebaliknya. Adapun penghasilan orangtua mahasiswa diketahui dari data yang tuliskan sendiri oleh mahasiswa tersebut saat mendaftar di USN Kolaka,” jelasnya.

Azhari mengatakan, setiap tahunnya seluruh PTN diminta untuk mengajukan perubahan UKT. Namun hingga saat ini pihaknya masih mempertahankan UKT yang sama sejak USN Kolaka menjadi PTN. Selain itu, berdesarakn keputusan Kemenristek Dikti juga, dalam dua tahun terakhir PTN diberikan kewenangan untuk menerapkan uang pangkal kepada mahasiswa yang lolos melalui jalur mandiri dan itu telah diterapkan di seluruh PTN di Indonesia, kecuali di USN Kolaka.

“Kami masih mempertahankan UKT saat ini dan belum menerapkan uang pangkal karena USN Kolaka masih mempertahankan diri sebagai kampus tempatnya orang-orang yang kurang mampu untuk kuliah. Jadi kalau ada masyarakat yang tidak mengetahui kemurahan UKT yang ada di USN Kolaka saat ini, itu karena informasinya saja yang tidak sampai,” pungkasnya. (fad/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top