Pariwara
Konawe Kepulauan

Pemkab Konkep Kaji Ulang Penyaluran Beasiswa Wawonii Cerdas

Andi Muhammad Lutfi

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan anggaran Beasiswa Cerdas Wawonii terus disemurnakan. Sebab nyatanya, masih ada oknum tertentu yang memanfaatkan penggunaan bantuan pendidikan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) sebesar Rp 6 miliar itu. Setelah menggunakan sistem online, penyaluran beasiswa yang sudah berjalan dua tahun dan merupakan program unggulan Bupati Konkep, H. Amrullah serta Wakilnya, Andi Muhamad Lutfi untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) diotoritanya, akan kembali dikaji.

Itu dilakukan sesuai saran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep yang meminta pemerintah merubah kembali regulasi penyaluran beasiswa agar tepat sasaran. Karena, para wakil rakyat di Pulau Wawonii menemukan oknum-oknun tertentu yang mendapatkan beasiswa dengan memasukkan dokumen palsu. Wabup Konkep, Andi Muhamad Lutfi, mengatakan, pihaknya akan terus berinovasi agar penyaluran Wawonii Cerdas benar-benar tepat sasaran.

“Kami setuju dengan saran anggota DPRD, untuk merubah kembali sistem penyaluran Beasiswa Wawonii Cerdas,” kata Wabup Konkep, Andi Muhamad Lutfi, saat ditemui diruang kerjanya. Pihaknya akan membuat regulasi baru, agar beasiswa berplat merah itu tak bisa lagi dimanfaatkan oknum dengan memasukan dokumen palsu untuk menikmati anggaran negara tersebut.

Ada beberapa regulasi yang akan diganti untuk meminimalisir kecurangan dalam proses penyaluran beasiswa. Diantaranya, pembayaran tidak diserahkan lagi ke mahasiswa, tapi langsung ditransfer pada pihak kampus, sesuai kebutuhan pembayaran SPP. Termasuk proses pemberkasan beasiswa yang akan dikaji ulang. “Penyaluran beasiswa dengan cara ditransfer langsung dari Pemkab Konkep ke pihak kampus adalah cara yang cukup tepat untuk mencegah penggunaan dokumen palsu. Pemkab akan mentransfer beasiswa Wawonii Cerdas sesuai kebutuhan SPP mahasiswa. Jadi mahasiswa tidak lagi bersentuhan dengan uang. Pemkab akan bekerja sama dengan universitas, agar mahasiswa tidak terlambat lagi bayar SPP. Mahasiswa nanti hanya tahu kuliah dan belajar,” ujarnya. (c/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top