Pariwara
Politik

Pembuatan APK Tambahan Peserta Pemilu di Konawe Dibatasi

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe akan memfasilitasi alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu 2019. Hanya saja, jumlahnya terbatas. Makanya, penyelenggara membuka ruang bagi peserta Pemilu membuat baliho maupun spanduk sendiri.

Komisioner KPUD Konawe, Armanto meminta peseta Pemilu mematuhi aturan kampanye. Petunjuk pelaksanaan kampanye diatur dalam PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye Pemilu, PKPU 28 tahun 2018 dan juknis KPU RI nomor 946 terkait fasilitasi APK.

“Guna meminimalisir dugaan pelanggaran-pelanggaran yang kerap terjadi pada pagelaran pesta demokrasi, kami mengimbau peserta Pemilu mentaati aturan,” kata Koordinator Divisi Teknis dan Logistik KPUD Konawe saat sosialisasi program dan jadwal kampanye Pemilu 2019 di Aula KPUD Konawe Rabu (26/9).

Menurutnya, ada aturan baru yang perlu di pahami peserta Pemilu, yang di atur dalam PKPU 28 tahun 2018, terkait fasilitas Alat Peraga Kampanye (APK), sehingga perlu disampaikan agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggar saat pelaksanaanya di lapangan.

Sesuai tahapan, kampanye baru boleh dilaksanakan pada 23 September 2018, hingga 13 April 2019 mendatang. Dalam hal ini, KPU hanya memfasilitasi terkait tata cara yang diperbolehkan pada saat kampanye dan juga APK yang akan dipasang oleh peserta Pemilu.

“KPU memfasilitasi seputar alat peraga kampanye (APK), bahan kampanye (BK), ukuran dan titik kampanye, tapi KPU juga membolehkan untuk membuat media tambahan untuk kegiatan kampanye diluar yang di sediakan KPUD Konawe. Hanya saja, jumlahnya dibatasi,” tandasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top