Pariwara
Wakatobi

Imigrasi Wakatobi Pantau 18 TKA WDR

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
PANTAU TKA : Imigrasi Wakatobi terus melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, desa, kelurahan dan tim pengawasan orang asing hingga masyarakat untuk memantau keberadaan orang asing di wilayah itu.

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam pantauan pihak Imigrasi, sedikitnya ada 18 tenaga kerja asing (TKA) di Wakatobi Dive Resort (WDR). Para TKA itu dipastikan memegang visa kerja dan telah memenuhi syarat tinggal. Meski telah bekerja hingga bertahun-tahun, instansi vertikal terkait terus memantau pergerakan para TKA di wilayah pengawasannya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Wakatobi, Saroha Manullang, melalui Kasubsi Infosarkom dan Wasdakim, Redho Fathir Adhiyat Zofist, mengungkapkan, pihaknya terus melakukan pemantauan sejumlah TKA di Wakatobi. Namun, pihaknya memastikan seluruh TKA yang bertugas di WDR tidak bermasalah. “Misalnya para TKA ini bekerja lebih dari satu atau dua tahun, maka izin tenaga kerja asing (INTA), pengesahan rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA) hingga visa, wajib diperpanjang setiap satu tahun,” ungkapnya, rabu (26/9).

Redho Fathit menambahkan, para TKA WDR yang berlokasi di Tomia ini tidak berasal dari satu negara saja. Bahkan diantaranya sudah ada yang bekerja hingga tiga tahun. “Ada berasal dari Inggris, Italia, Amerika, Jepang dan Swiss,” tambahnya. Selain itu, pihak Imigrasi juga mengakui selama ini belum ada temuan adanya turis yang menggunakan visa kunjungan untuk bekerja di wilayah Wakatobi. “Semua TKA di sini menggunakan visa bekerja,” klaimnya.

Kendati demikian, pihaknya terus mengontrol dan mengawasi para TKA yang melakukan kegiatan di Wakatobi. Imigrasi juga tak akan segan memberi sanksi jika ada pekerja melanggar aturan yang berlaku. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top