Pariwara
Konawe Utara

DPRD Konut Desak Bupati Evaluasi Kinerja Kadis Infokom

Safrin, Sekretaris Komisi II DPRD Konut

KENDARIPOS.CO.ID — Kehilangan signal (jaringan komunikasi dan internet) di ibu kota kabupaten sudah menjadi persoalan krusial. Seperti yang terjadi pada Rabu (26/9). Signal padam sejak pagi hingga malam hari. Akibatnya, akses informasi dan rutinitas pekerjaan organisasi perangkat daerah (OPD) yang menggunakan media internet ikut terhambat.

Kondisi itu membuat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konut mendesak Bupati Konut, Ruksamin melakukan evaluasi terhadap kinerja pimpinan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang dinahkodai, H. Kohar. Pasalnya, jaringan telekomunikasi informasi pada pusat pemerintahan di Wanggudu selalu macet atau mati total.

Sekretaris Komisi II DPRD Konut, Safrin, sangat menyayangkan sikap kurang tanggap dari Dinas Kominfo Konut yang belum mampu mendukung kondisi pemerintahan yang sangat membutuhkan jaringan komunikasi. Khususnya bagi dinas yang selalu terhubung dengan sistem online. “Yang harus bertanggung jawab dan menjembatani permasalahan ini adalah Dinas Infokom. Karena melihat tren sekarang signal ini (jaringan komunikasi) sudah bisa dikategorikan kebutuhan pokok. Khususnya pada kalangan menengah ke atas, seperti pedagang dan pebisnis. Bagaimana mau berinvestasi, kalau persoalan signal saja tidak bisa teratasi dengan baik,” sindir Ketua DPC Partai Golkar itu, rabu (26/9).

Semestinya pihak Dinas Kominfo mencari solusi dengan melakukan pendekatan pada pihak-pihak terkait untuk mengetahui kendala pusat ibu kota Konut selalu kehilangan signal. Apalagi pemerintahan sangat membutuhkan berkaitan dengan penerapan e-budgeting dan e-planing maupun perekaman KTP-el. “Kalau memang tidak mampu mengatasi persoalan kecil seperti ini, lebih baik tanggalkan saja posisi itu (Kadis Kominfo). Karena setiap tahun selalu mengusulkan anggaran terkait telekomunikasi,” desak Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Konut saat ditemui di Desa Awila Puncak, Kecamatan Molawe.

Dikonfirmasi terpisah, Kadis Kominfo Konut, H. Kohar, berargumen, kehilangan signal di ibu kota kabupaten karena ada perangkat milik PT Telkomsel yang rusak. “Saya sudah perintahkan Kabid Komunikasi untuk mempertanyakan ke PT Telkomsel. Untuk lebih jelas saya menunggu informasi dari Kabid Komunikasi,”ujarnya, (26/9). Sementara Kabid Komunikasi, Ilham, mengaku telah mempertanyakan ke pihak Grapari. Alasan yang diperoleh, tower milik provider mengalami kerusakan. Apalgai lokasinya berada di Desa Tapunopaka, Kecamatan Lasolo Kepulauan. “Kami secara kelembagaan akan mengadukan persoalan ini ke pusat,” tandas Ilham. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top