Pariwara
Bombana

Dinkes Bombana Bentuk Jumantuk

KENDARIPOS.CO.ID — Maraknya penyakit tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Bombana, mendapat perhatian khusus dari pihak Dinas Kesehatan. Pendeteksian dan pencegahan tidak sekadar dibebankan pada seluruh tenaga medis, namun masyarakat juga dilibatkan mendeteksi jika ada gejala penyakit seperti itu di lingkungan sekitar dengan menjadi juru pemantau batuk (Jumantuk).

Kepala Dinas Kesehatan Bombana, dr. Sunandar, mengungkapkan, data terakhir penderita TBC di wilayah itu pada triwulan kedua 2018 ditemukan 121 kasus di 22 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Melihat banyaknya warga yang menderita TBC, Dinkes memberdayakan masyarakat yang diberi tugas sebagai pendeteksi batuk di masing-masing wilayah tugas. Jumantuk bersama programmer TBC di Puskesmas dan petugas mikroskopis melakukan sosialisasi dan penyuluhan tata cara mencegah dini penyakit TBC di masyarakat.

“Melalui cara itu, dahak masyarakat yang suspek TBC dapat secepatnya diperiksa untuk segera kami obati. Proses pengobatan penyakit ini membutuhkan waktu hingga enam bulan,” katanya, rabu (26/9). Secara umum, mantan Direktur RSUD tersebut menjelaskan, program penuntasan penyakit TBC merupakan salah satu isu strategi nasional selain dari program imunisasi dan gizi. Sehingga, pihaknya berupaya memberi solusi pencegahan dini penyakit berbahaya tersebut.

Sebagai langkah awal, pihaknya memberi pelatihan khusus pada petugas mikroskopis di 22 kecamatan. Untuk peningkatan kapasitasnya, para petugas mikroskop akan dilatih di Dinkes Sultra. “Salah satu cara untuk pencegahan dini penyakit ini adalah perilaku hidup bersih dan sehat. Tak kalah pentingnya adalah, melalui kesadaran dan kemauan masyarakat untuk memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat,” tandas Sunandar. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top