Pariwara
Buton

Baru Tiga Puskesmas di Buton yang Terakreditasi

H. Sumardin

KENDARIPOS.CO.ID — Dari 14 Puskesmas yang ada di Kabupaten Buton, ternyata 11 diantaranya belum mengantongi sertifikat akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, H. Sumardin, mengakui, baru tiga Puskesmas telah mengantongi sertifikat pengakuan dalam pelayanan kesehatan. “Baru Puskesmas Wakaokili, Kapuntori, dan Puskesmas Siotapina yang terakreditas,” jelas Sumardin, rabu (26/9) di ruang kerjanya.

Ia mengaku, upaya peningkatan jumlah Puskesmas terakreditasi terus dilakukan. Tahun ini persiapan akreditasi dilakukan pada Puskesmas Wabula, Lasalimu Selatan dan Bana Bungi. Sementara lainnya diupayakan tahun 2019 mendatang. Sumardin menyebutkan syarat akreditasi Puskesmas diantaranya menyangkut sarana dan prasarana, sumber daya manusia dan pelayanan.

“Semua disusun dalam satu instrumen. Hasilnya akan menjadi standar operasional prosedur,” sambungnya. Dengan persyaratan itu, Sumarlin meyakini dapat mengakreditasi semua Puskesmas yang ada di Buton. Pasalnya saat ini pembekalan untuk persiapan dalam memenuhi persyaratan akreditasi telah diinstruksikan ke pihak Puskesmas melalui sosialisasi percepatan SOP pelayanan. “Insya Allah, saya yakin bisa,” optimisnya.

Selain itu, sarana dan prasarana terus ditingkatkan. Baik rehabilitasi Puskesmas di Kecamatan Wabula dan pembuatan Pustu di Kecamatan Lasalimu. Sumardin menjelaskan, upaya mengakreditasi Puskemas terkait syarat kerja sama dengan BPJS dan diterapkan pada 2019 mendatang. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top