Pariwara
Kolaka Utara

Auditor Inspektorat Kolut Telusuri Penggunaan DD

Alimus Marzuki

KENDARIPOS.CO.ID — Semua lini dalam pemanfaatan anggaran menjadi potensi terjadinya praktik pungutan liar (Pungli) hingga korupsi. Kepala Inspektorat Kolaka Utara (Kolut), Alimus Marzuki mengatakan, 60 persen dari 127 desa yang ada di wilayah tersebut sementara dievaluasi. Khususnya dalam penggunaan dana APBN dan APBD. Ia menginstruksikan pada tim auditornya agar tak melewatkan satupun program kegiatan hingga hal-hal terkecil. “Semua lini rawan Pungli. Tergantung individu aparaturnya,” ujarnya, Rabu (26/9).

Alimus mengakui, pelanggaran bukan semata-mata di pemerintahan desa saja, misalnya terkait pengurusan akta tanah. Namun juga di sekolah mulai dari proses pendaftaran hingga ujian siswanya pun rawan menjadi objek Pungli. Begitu juga di kecamatan terkait pengurusan administrasi, di Puskesmas saat mengurus surat keterangan sehat hingga soal pengurusan surat-surat nikah pun dapat menjadi sumber Pungli.

Di desa, yang menjadi penelusuran Inspektorat saat ini, terkait program tahun 2017 lalu. 60 persen menjadi contoh lembaga itu melancarkan penelusuran di lapangan baik fisik dan nonfisik. Bagi desa yang belum dijadwalkan pemeriksaan bukan berarti diabaikan. Telah ada tim Saber Pungli yang dibentuk bermarkas di Bundaran Simpang 8 Lasusua. “Bagi 40 persen desa lainnya terbuka 1×24 jam bagi masyarakat mengadukan penyimpangan yang ada. Baik melalui SMS, telepon hingga surat akan menjadi perhatian,” ungkap Alimus.

Saat ini, Inspektorat juga intens melakukan sosialisasi pencegahan yang dibagi menjadi dua zona. Untuk wilayah utara Kolut berpusat di Kecamatan Batu Putih dan wilayah selatan di Kecamatan Rante Angin. “Tahun lalu sudah ada yang terjerat operasi tangkap tangan di Desa Batu Ganda dan sudah menjalani proses hukum putusan pengadilan,” tandasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top