Pariwara
Kolaka Utara

BKPP Kolut : Berkas Fisik Wajib Kirim Via Pos

Jumadil

KENDARIPOS.CO.ID — Sesuai jadwal, pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai dibuka Rabu (26/9) hingga 10 Oktober mendatang secara online melalui situs resmi pemerintah pusat di https://sscn.bkn.go.id. Berkas fisik kelengkapan yang menjadi syarat pelamar berdasarkan ketetapan pemerintah pada masing-masing daerah, juga sudah bisa dikirim terhitung rabu 26 September 2018 hingga 15 Oktober 2018.

Khusus di Kolaka Utara (Kolut), Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, Jumadil, menjelaskan, ada enam persyaratan khusus yang berlaku bagi honorer kategori II (K2). Salah satunya bukti ujian honorer K2 tahun 2013 lalu. Sementara itu, berkas fisik yang harus dilengkapi pelamar umum untuk diserahkan ke Pemkab Kolut ada sepuluh poin. “Berkas ini wajib dikirim via PT Pos. Entah itu jauh atau dekat harus kirim pos. Tidak boleh dibawa langsung ke BKD, karena sudah seperti itu ketentuannya,” tegasnya, Selasa (25/9).

Ada beberapa poin yang kerap kurang dipahami para pelamar. Diantaranya soal akreditasi kampus dan program studi (Prodi) berdasarkan info di lapangan. Pelamar banyak yang berpikir jika sudah mengantongi akreditasi dari Prodi, maka sudah tak perlu menyiapkan legalitas kampus. “Keterangannya jelas. Akreditasi kampus dan Prodi berarti ada dua. Jadi silahkan pahami baik-baik berkasnya,” paparnya, menekankan.

Tidak hanya itu, yang juga banyak disalahpahami peserta terkait permintaan menyiapkan surat pernyataan, tak pernah tersandung dalam persoalan hukum. Pelamar banyak beranggapan jika yang dimaksud adalah bukti surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang diterbitkan Polri. “Bukan. Itu surat pernyataan yang dibuat sendiri oleh peserta dan ditandatangani di atas materai 6000. Makanya itu kami cantumkan dalam pengumuman, berikut contoh surat pernyataannya. Kalau SKCK ya SKCK namanya,” ujar Jumadil.

Para pelamar diharapkan tidak terburu-buru karena waktu pendaftaran dan pengusulan berkas waktunya cukup lama. Pendaftar hanya diminta agar lebih cermat memahami mekanisme pendaftaran hingga kelengkapan dokumen. Agar tidak digugurkan hanya karena persoalan tidakhati-hati. “Ingat, jika dalam mendaftar sudah diklik kirim, itu tidak bisa diulang. Mau salah atau benar. Begitu juga soal dokumen, kalau tidak lengkap tentu bisa langsung gugur karena tak lolos seleksi berkas,” tandasnya. Untuk diketahui, kuota CPNS Kolut sebanyak 202 kursi. Tenaga guru dialokasikan 70 formasi, kesehatan 47 dan teknisi 80 orang. Pemerintah setempat hanya menerima jatah untuk kategori K2 sebanyak lima orang dan itupun untuk tenaga pengajar, dari total honorer di Bumi Patampanua sebanyak 970 orang. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top