Pariwara
Metro Kendari

Banyak Bupati Tak Hadir Gubernur Kecewa, Ali Mazi : Kalau Diundang Harusnya Hadir

Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi memimpin rapat tim pengendali inflasi daerah (TPID), Selasa (25/9/2018). Sebenarnya, yang diundang seluruh bupati dan wali kota se-Sultra. Namun, hanya beberapa yang hadir. Hal ini membuat gubernur agak kecewa. Hanya empat kepala daerah yang hadir. Mereka adalah Plt Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Wali Kota Baubau AS Tamrin, Bupati Konut Ruksamin, dan Bupati Konkep Amrullah. Selebihnya, diwakilkan ke sekretaris kabupaten (sekab) masing-masing.

Pasangan Lukman Abunawas ini sebenarnya sangat berharap, kondisi perekonomian daerah bisa dibahas bersama agar melahirkan masukan-masukan konstruktif dari para bupati dan wali kota. “Kalau diundang rapat, harusnya hadir. Ini rapat penting, kita bicara inflasi yang terjadi di daerah. Saya berharap datang semua, biar kita sharing pendapat dan diskusi,” ungkap Ali Mazi dengan nada kesal.

Rapat kali ini lanjut gubernur, penting digelar karena membahas beberapa hal. Seperti peningkatan tekanan inflasi beras sebagai dampak dari kemarau yang terjadi di beberapa sentra produksi beras. “Kenaikan harga beras harus direspon cepat karena ini menyangkut kebutuhan pokok,” ujarnya.

Masalah lain lanjut Ali Mazi adalah meningkatnya harga minyak dunia yang dapat mempengaruhi harga BBM di dalam negeri. Kemudian, adanya tekanan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. “Kita perlu mendorong investasi dan juga harus terus ditingkatkan inovasi di bidang pelayanan perizinan. Peran pasar tradisional harus kita optimalkan. Itu semua tugas-tugas kita di daerah untuk menekan angka inflasi,” jelasnya. Sesuai dengan catatan Bank Indonesia terkait angka inflasi dan deflasi yang terjadi sepanjang Agustus dan September di Sultra, menurut Ali Mazi kondisi Bumi Anoa tidak separah daerah lain. “Sebagai contoh sederhana kendaraan roda empat semakin banyak di Kendari, penumpang pesawat semakin ramai, “ tambahnya.

Mantan Ketua NasDem Sultra mengajak semua pengurus TPID kabupaten/kota agar aktif melakukan operasi pasar sebagai langkah aktif untuk menekan inflasi. Utamanya soal ancaman kemarau panjang di akhir tahun. “Biasanya, baru kabar mau naik harga, sudah banyak yang menimbun barang. Ini harus menjadi perhatian bersama,” imbuhnya. (b/lyn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top