Pariwara
Metro Kendari

Tunggu Enam Bulan untuk Umrah, Cek “Lima Pasti” Agar Terhindar Travel Nakal

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah banyak korban akibat ulah travel umrah nakal. Regulasi untuk itu sudah kian ketat. Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Sultra, Yuni Susilowati mengatakan perlindungan terhadap calon jamaah umrah saat ini sudah banyak. Asal jamaahnya mau teliti.

Kemenag kata dia sudah sering melakukan sosialisasi mengedukasi masyarakat agar tidak mudah percaya dengan travel bodong. Sebab, ada banyak contoh soal korban yang urung berumrah karena travelnya bermasalah.

Merujuk pada aturan, minimal enam bulan pasca mendaftar, jemaah sudah harus berangkat. Dulu, masih bisa di atas satu tahun. Namun dengan banyaknya kasus umrah gagal, pemerintah memperketat pengawasan terhadap penyelenggara umrah.

Yuni Susilowati menjelaskan lima hal yang harus dipastikan dari sebuah travel sebagai agen penyelenggara umrah itu. Pertama, pastikan izin operasionalnya dan pastikan ada tiket keberangkatan dan kepulangan. Selain itu, pastikan akomodasi, pastikan visa dan pastikan hotel penginapan. “Setiap travel harus bisa memperlihatkan ‘lima pasti” itu pada calon jemaah. Kalau tidak ada berarti ada indikasi ke arah itu,” jelasnya.

Kata dia, di Kota Kendari banyak travel yang menawarkan uang muka rendah pada jemaah. Padahal travelnya belum punya izin. “Kami sering dapat undangan sosialisasi travel umrah. Padahal travel berizin dengan tanda tangan Dirjen PHU itu hanya satu di sini, sehingga kita anggap banyak yang bodong,” katanya.

Menurutnya, setiap travel yang menjadi
Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) harus mendapat rekomendasi dari Kanwil Kemenag Sultra sesuai dengan PMA No 8 Tahun 2018. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top