Pariwara
Kolom

Phubbing: Merusak Etika Ketimuran, Oleh: Oleh Prof Hanna

Phubbers saat ini sudah mengelilingi kita. Tidak hanya tempat-tempat ramai, misal di pesawat, kereta api, tempat ibadah, bahkan di rumah, orang tua sibuk dengan media sosial, anak sibuk dengan whatshapp. Tegur sapa, komunikasi sebagai rujukan utama dalam rumah tangga sudah tidak terjadi lagi. Akibat dari penyakit Phubbing ini, tidak bisa disalahkan ketika sekelompok anak kecil di luar negeri mendemo orang tuanya. Anak-anak ingin mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Phubbing benar-benar merusak etika ketimuran.

Terkait masalah ini, pakar pendidikan hingga ulama sudah mengimbau kepada orang tua, agar menghentikan perilaku main HP dalam rumah tangga. Harus membiasakan komunikasi efektif. Ini memang sangat sulit dilaksanaan, tanpa ada komitmen kuat. Berdasarkan hasil penelitian, kebiasaan tidak mengindahkan lawan bicara dan lebih fokus pada gadget akan merusak hubungan dan meningkatkan kecenderungan depresi, karena kepuasan hidup akan menurun.

Penelitian ini tentu saja sangat beralasan. Sebab, seperti yang kita rasakan, ketika seorang partner merasa diacuhkan, maka akan timbul konflik dan menurunkan tingkat kepuasan interaksi satu sama lain. Hal ini senada dengan pemikiran James A. Robers, Ph.D dalam studinya yang menyimpulkan bahwa bagi pasangan yang hubungannya kurang erat, akan merasa jauh lebih terganggu dengan perilaku phubbing yang dilakukan pasangannya.

Kalau boleh jujur, etika dalam berkomunikasi perlu dipelajari. Harus dipahami nilai yang terjadi dalam komunikasi, baik secara kualitas maupun kuantitas. Dalam komunikasi, perlu menanamkan konsep berbahasa yang baik dan benar. Para pakar komunikasi memberikan batasan bahwa komunikasi yang baik harus, focus pada lawan bucara, persoalan, tidak menimpali menimpali pembicaraan, dan saling menghargai. (*)

Oleh: Oleh Prof Hanna

2 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top