Pariwara
Politik

Peserta Pemilu Diingatkan Patuhi Aturan Kampanye

KENDARIPOS.CO.ID — Memulai masa kampanye, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra memberi memperingati agar peserta Pemilu mentaati penempatan atribut kampanye. Sudah menjadi temuan setiap masa kampanye, ada saja oknum calon anggota legislatif (Caleg) yang memasang alat peraga kampanye (APK) di rumah ibadah, rumah sakit (RS) dan gedung sekolah. Padahal Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan area khusus untuk memasangan APK.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengingatkan peserta Pemilu mematuhi rambu-rambu dalam berkampanye untuk menjadikan Pemilu damai. Tidak hanya materi kampanye yang fokus menjabarkan visi, misi dan program, namun juga aturan pemasangan atau menempel stiker kampanye.

“Ada beberapa titik yang tidak boleh dijadikan tempat kampanye. Diantaranya, tempat ibadah, rumah sakit atau pelayanan kesehatan, gedung atau fasilitas milik pemerintah, lembaga pendidikan, jalan-jalan protokol, jalan bebas hambatan, sarana dan prasarana publik termasuk taman,” kata dosen nonaktif Universitas Halu Oleo (UHO) ini, Minggu (23/9).

Sesuai aturan, pemasangan APK di lokasi yang telah ditentukan KPU. Untuk itulah, ia meminta peserta Pemilu memanfaatkan zonasi untuk memasang atribut kampanye. Namun semua penggunaan dana kampanye, baik penerimaan dan pengeluarannya harus dirincikan. Seluruh anggaran yang dikeluarkan untuk pembuatan APK, sosialisasi dan kegiatan kampanye lainnya harus dilaporkan ke KPU. Apalagi sanksi bagi peserta Pemilu yang tidak melaporkan penggunaan dana kampanye sangat berat.

“Bagi peserta Pemilu yang tidak melaporkan dana kampanye akan didiskualifikasi. Jadi, hal ini harus menjadi perhatian. Dalam kampanye, peserta Pemilu dilarang menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya pada peserta kampanye,” tandasnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top