Pariwara
Politik

Permohonan Gugatan Terlambat, Mantan Napi Korupsi Gagal Nyaleg

KENDARIPOS.CO.ID — Putusan Mahkamah Agung (MA) memang telah memberikan hak pada mantan napi korupsi maju pada Pemilu 2019. Hanya saja, putusan tersebut terbilang terlambat. Pasalnya, baru diputuskan jelang penetapan daftar calon tetap (DCT). Sementara pencoretan telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra sejak penetapan daftar calon sementara (DCS). Meskipun ada sempat mengajukan, namun sudah terlambat.

“Ada beberapa calon yang sempat mengajukan keberatan. Hanya saja, permohonan gugatan sudah terlambat. Sesuai aturan, proses pengajuan gugatan paling lambat tiga hari kerja. Sementara mereka baru mengajukan gugatan tujuh hari,” beber Hamiruddin Udu, Ketua Bawaslu.

Pada awalnya, tidak ada calon yang protes. Namun setelah ada sejumlah Bacaleg mantan napi korupsi yang tetap diakomodir Bawaslu untuk ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS), barulah ada yang keberatan. Sayangnya, surat permohonannya terlambat. Terakhir, ada dua Balon anggota DPD RI. Pasalnya, mereka baru ajukan permohonannya tanggal 8 September. Sementara penetapan DCS Balon DPD tanggal 1 September.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib mengaku telah menerima surat instruksi dari KPU RI untuk mengakomodir caleg mantan napi korupsi. Dalam surat tersebut, KPU dibolehkan menerima kembali asalkan yang berangkutan mengajukan permohonan administrasi ajudikasi di Bawaslu provinsi. Namun, karena tidak menggungat sengketa ke Bawaslu maka tetap tidak dimasukkan dalam DCT.

Hingga kini, pihaknya belum mendapatkan informasi dari Bawaslu Sultra tentang ada tidaknya calon yang mengajukan ajudikasi. Demikian juga dengan KPU kabupaten/kota yang tidak menerima informasi dari lembaga pengawasan di daerah.

“Jika ada yang menggungat, maka akan kita akomodir dan dimasukkan dalam DCT. Tapi, persoalannya di Sultra ini tidak ada yang melakukan akjudikasi,” ujarnya. (c/p1/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top