Pariwara
Kolaka Utara

Pemkab Kolut Siapkan 250 Juta Bibit

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS TANAMAN SELA : Dinas Pertanian Kolut menyiapkan 250 juta bibit cabai untuk didistribusikan ke petani untuk ditanam pada lahan seluas 200 hektare.

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mendongkrak hasil panen komoditas cabai di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), pemerintah setempat akan melakukan gerakan maksimal. Melalui Dinas Pertanian, disiapkan 250 juta bibit cabai untuk didistribusikan ke petani agar dibudidayakan. Kepala Dinas Pertanian Kolut, Samsu Ridjal, menjelaskan, 250 juta bibit tersebut ditarget tumbuh di atas lahan seluas 200 hektare.

“Kita lihat dulu kondisi cuaca. Jangan sampai dibagikan bukan pada momen yang tepat atau saat musim hujan. Itu tak baik bagi tanaman di dataran rendah. Terkecuali sebelumnya diparit agar air tak tergenang,” jelasnya, Senin (24/9). Tanaman cabai ini masih merupakan rangkaian tanaman sela dalam mendukung gerakan revitalisasi kakao. Sementara untuk budi daya komoditas jagung, sudah berjalan dan kemudian disusul cabai serta selanjutnya talas.

“Program pemerintah ini murni untuk masyarakat, sepanjang mau menanam. Karena bibit sudah siap, tinggal tanam. Siapa yang menanam maka ada hasil yang ditunggu, begitu logikanya,” tutur Ridjal. Menurutnya, perhatian pemerintah pada sektor pertanian dan perkebunan sudah lebih dari cukup. Tentunya, bagi para petani yang terlibat program ini tidak perlu ragu soal pemasaran, karena pemerintah sudah memikirkan siapa, bagaimana dan ke mana komoditas itu akan dipasarkan.

Soal peralatan penunjang, Pemkab Kolut juga sudah memfasilitasi. Pemkab yakin, niat dan upaya didukung semangat petani yang ingin memperbaiki tingkat ekonominya, akan menjadikan Kolut lebih sejahtera. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top