Pariwara
Edukasi

KKA Mahasiswa UMK Resmi Berakhir di Konawe

Agus Setiawan/Kendari Pos
Rektor UMK Kendari, Muhammad Nur, SP., M.Si., (kanan) dan Asisten I Setda Konawe, Drs. Nurdin., M.Si (kiri) saat serah terima mahasiswa KKA di Aula Wekoila Kantor Bupati Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Rektor Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK), Muhammad Nur, SP., M.Si., secara resmi menarik 453 mahasiswanya yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Amalia (KKA) selama 45 hari beberapa titik di Kabupaten Konawe. Seremoni penarikan mahasiswa KKA ini disaksikan langsung oleh Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe, Drs. Nurdin, M.Si., di Aula Wekoila Kantor Bupati Konawe.

Drs. Nurdin yang mewakili Bupati Konawe dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada pihak UMK yang telah menyelenggarakan program KKA di Konawe. Menurutnya, pelaksanaan KKA di desa-desa yang ada di Konawe sangat membantu masyarakat setempat, karena banyak ilmu yang di-share mahasiswa kepada masyarakat, terutama ilmu dalam membangun sebua desa,” ujarnya.

Ia berharap, UMK ke depan masih memprioritaskan Kabupaten Konawe sebagai titik pelaksanaan KKA selanjutnya. “Kalau perlu tiap tahun ada mahasiswa KKA di Konawe. Selain bisa berbagi ilmu dengan masyarakat, juga bisa mendorong pembangunan desa,” kata Nurdin.

Sementara itu, Rektor UMK Muhammad Nur, SP., M.Si., dalam sambutannya juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Konawe yang telah banyak menfasilitasi mahasiswa KKA UMK, mulai dari penyambutan mahasiswa KKA sampai dengan proses penarikan mahasiswa KKA. “Peran Pemerintah Kabupaten Konawe sangat membantu kami dalam melaksanakan salah satu wujud tridharma perguruan tinggi. Kami sangat apresiasi dan kedepan tidak menutup kemungkinan KKA akan dilaksanakan lagi di Konawe,” ujarnya.

Lanjut dia, pihaknya juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada mahasiswa KKA UMK tahun 2018 yang telah mampu melaksanakan KKA dengan baik. Atas dedikasi mahasiswa kepada masyarakat Konawe khususnya yang ada di Pedesaan, membuat pemerintah setempat mengiginkan ke depan pelaksanaan KKN dilaksanakan lagi di Konawe.

Ia pun menambahkan, KKA merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dituntaskan setiap mahasiswa UMK. Untuk KKA sendiri terbagi atas tiga model, yakni KKA Lokal seperti yang dilaksanakan di Konawe baru-baru ini, kemudian KKA Nasional yang biasa disebut KKN Muhammadiyah yang baru saja dilaksanakan di Purbalingga dan KKA Internasional yang nantinya akan dipusatkan di Thailand. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top