Space Iklan
Pariwara
Kolaka Utara

Keberhasilan Perikanan Darat di Kolut Berkat Penyuluh

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
PERAN PENYULUH : Dinas Kelautan dan Perikanan Kolut gencar mendorong fungsi para penyuluh agar terlibat meningkatkan sumber daya nelayan dalam mengelola areal tambak mereka. Tampak seorang ibu membenahi alat tangkap.

KENDARIPOS.CO.ID — Keberhasilan pengelolaan perikanan darat yang dikembangkan nelayan pada sejumlah tambak di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tak terlepas dari teknik dan tata cara budi daya. Selama ini para petambak menekuni pekerjaan itu sesuai kebiasaan. Sehingga peran penyuluh perikanan menjadi kunci keberhasilan setelah memberikan edukasi pada petambak. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kolut, Muhlis Usman, menjelaskan, saat ini pihaknya gencar mendorong fungsi para penyuluh ke sejumlah nelayan agar bisa mengelola ladang pencarian nafkah tersebut secara tepat.

Langkah itu dilakukan setelah melihat selama ini para nelayan minim pengetahuan terkait pengelolaan dan budi daya. “Contoh kecil merawat tambak. Usai panen, nelayan itu biasanya menguras dan tak lama langsung diisi kembali. Padahal yang benar, dikeringkan dulu. Jika ingin hasilnya bagus tanahnya dibalik,” papar Muhlis Usman, Senin (24/9). Masih banyak nelayan diketahui belum mengerti mengelola tambak yang benar. Makanya, pihan Dinas Kelautan dan Perikanan Kolut sedang membuka demplot percontohan budi daya ikan bandeng, udang windu hingga rumput laut, sekaligus menjadi tempat studi para nelayan.

Saat ini jumlah penyuluh yang ada di Kolut hanya delapan orang. Lima diantaranya berstatus PNS dan tiga lainnya Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) yang ditugaskan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Keberhasilan program pemerintah setidaknya diakui Muhlis tak lepas dari kerja sama mereka dengan Pemkab di lapangan. “Jika nelayan gagal, tentu penyuluhnya juga dipertanyakan. Makanya kami harapkan mereka sungguh-sungguh bekerja di lapangan. Karena keberhasilan nelayan juga menjadi catatan kesuksesannya. Alhamdulillah ketiga demplot percontohan tak ada yang gagal dan berhasil dipanen,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top