Pariwara
Metro Kendari

Infrastruktur Penunjang Diakomodir di APBD 2019, Honor Tak Penting Dicoret

H. Samsudin Rahim, Ketua DPRD Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui proses pembahasan alot, Raperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 akhirnya ditetapkan semalam. Dokumen yang diserahkan awal September lalu itu dibahas maraton antara legislatif dan eksekutif.

DPRD Kota Kendari pun menyetujui penyesuaian kegiatan yang diajukan Pemkot setelah adanya defisit anggaran hingga Rp 300 miliar. “APBD-P sudah kita tetapkan. Pembahasannya luar biasa. Siang dan malam kita kerja, karena adanya penyesuaian pengaruh defisit, makanya kita harus benar-benar memastikan bahwa penyesuaian itu berpihak pada publik servis,” papar Ketua DPRD Kota Kendari, Samsudin Rahim, semalam.

Samsudin memastikan penyesuaian itu telah memenuhi kriteria APBD yang pro rakyat sesuai dengan kaidah susunan prioritas pekerjaan menuju visi dan misi kota. Meskipun harus mengorbankan beberapa infrastruktur yang dianggap penting bagi kelompok masyarakat tertentu. “Yang ditiadakan infrastruktur penunjang, misalnya pengaspalan jalan yang tidak mendukung perputaran barang dan jasa. Termasuk dana akres (semacam dana cadangan,red) dan honor-honor tidak terlalu penting kita hapus,” beber Samsudin Rahim.

Meski dicoret karena kondisi keuangan daerah, semua program itu akan diprioritaskan penganggaran 2019 nanti. “Insya Allah yang dicoret di APBD-P ini akan kita kembali masukan di (APBD) 2019 dan kan menjadi prioritas kita,” ungkap Samsudin Rahim.

Untuk diketahui, APBD Kota Kendari sebelumnya ditetapkan Rp 1,6 triliun. Namun mengalami defisit akibat target pendapatan daerah yang tidak tercapai. Sehingga Pemkot tidak menambah kegiatan seperti tahun sebelumnya. “Ditetapkan menjadi Rp 1,2 triliun lebih dari angka sebelumnya Rp 1,6 triliun. Rp 300 miliar lebih defisitnya,” pungkas Samsuddin Rahim. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top