Pariwara
Politik

Dokumen LADK 12 Parpol Masih Perlu Diperbaiki -KPU Hanya Berikan Waktu Lima Hari

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh peserta Pemilu bisa sedikit bernapas lega. Ancaman sanksi diskualifikasi bagi mereka yang tidak menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) sebelum tanggal 23 September lalu telah lewat. Meski telah menyerahkan, namun dokumen LADK-nya masih perlu disempurnakan.

Komisioner KPU Sultra, Ade Suerani mengatakan semua peserta Pemilu telah melaksanakan kewajibannya melaporkan LADK-nya. Dari 15 Parpol minus PKPI, hanya tiga Parpol yang dokumen LADK-nya telah lengkap yakni, PDIP, Partai Berkarya dan Partai Garuda. Sementara 12 Parpol lainnya masih berstatus perbaikan.

“Kami memberikan waktu selama 5 hari bagi Parpol untuk melakukan perbaikan. Sesuai tahapan, masa perbaikan berlangsung mulai tanggal 23 s.d 27 September 2018,” kata Koordinator Divisi Hukum KPU Sultra ini saat ditemui di kantornya, Senin (24/9).

Untuk calon perseorangan atau DPD RI sambung mantan Ketua KPU Kota Kendari, baru 22 diantaranya yang LADK-nya telah lengkap. Itu artinya, masih ada sekitar 24 calon yang harus melakukan perbaikan. Begitupun dengan dua tim kampanye Capres dan Cawapres yang dokumennya masih perlu dilengkapi.

Dokumen LADK yang diserahkan kata dia, meliputi laporan penerimaan dana kampanye, daftar penerimaan dana kampanye, daftar pengeluaran dana kampanye, daftar saldo, pernyataan tanggung jawab, pencatatan penerimaan dan pengeluaran calon anggota DPRD (untuk peserta pemilu Partai). Selain itu, peserta Pemilu harus melampirkan surat pernyataan penyumbang, fotokopi buku rekening surat keterangan pengelola RKDK, serta softcopy berupa file pdf.

“Semua hasilnya akan dilaporkan ke KPU RI yang disertai berita acara dan kronologisnya. Selanjutnya, KPU RI akan melakukan pleno. Jadi putusannya menjadi domian pusat,” pungkasnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top