Pariwara
Nasional

Buka Lapangan Usaha Baru, Kemnaker Siapkan Rp 1 Triliun untuk Pesantren

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah menciptakan banyak tenaga terampil yang bisa diserap dunia kerja atau membuka lapangan usaha. Langkahnya dengan membuka balai latihan kerja (BLK). Kali ini program pembukaan BLK lebih diarahkan ke pondok pesantren. Untuk mendukung program pembukaan BLK di pesantren ini, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 1 triliun. Anggaran sebanyak itu diharapkan dapat membuka seribu BLK di seluruh Indonesia. “Presiden sudah setuju dan akan dimulai pada 2019,” kata Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan, Senin (24/9).

Dia menjelaskan, setiap pesantren nanti bisa mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan dana pembangunan BLK komunitas. Syaratnya, ada lahan kosong yang cukup luas untuk membangun gedung BLK. “Nanti kami survei lokasinya. Karena BLK ini membutuhkan lahan yang cukup luas, memang perlu kami lakukan survei lebih dulu,” ujarnya.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) berharap BLK komunitas bisa membantu pemerintah mempercepat masifikasi peningkatan kompetensi masyarakat. Termasuk mereka yang memilih pendidikan di pondok pesantren. Dengan begitu, kesenjangan antara kebutuhan di pasar kerja dan kompetensi alumni pesantren bisa semakin dikikis sehingga masa depan peran alumni pesantren semakin kuat. Terlebih dalam mengentaskan problem kemiskinan.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top