Pariwara
Metro Kendari

Tak Maksimal, Banyak Pasien Ditolak, Rujukan Online BPJS akan Dievaluasi

KENDARIPOS.CO.ID — Penerapan rujukan online secara nasional oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sejak Agustus lalu belum menunjukan hasil maksimal. Masih banyak pasien yang mengantongi rujukan online tapi ditolak rumah sakit. Alasannya, rumah sakit belum terkoneksi dengan aplikasi dari BPJS itu. Terlebih itu diterapkan terkesan terburu-buru karena tidak diawali dengan sosialisasi yang mumpuni. Situasi itu dibenarkan Direktur RS Bahteramas, dr.Muhammad Yusuf Hamra, Sabtu (22/9).

Namun menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Hendra J. Rompas, rujukan online memang sudah masuk tahap uji coba. Itu dilakukan sebagai reaksi dari rujukan manual yang selama ini menimbulkan sejumlah kendala. “Makanya kita digitalisasi dalam bentuk sistem. Pengalaman kami tahun 2017, keluhan masyarakat selama ini panjang antrian di RS dan puskesmas dan banyak dokumen yang harus disiapkan sehingga imbasnya pada keterlambatan penanganan,” jelasnya, kepada Kendari Pos.

Nah, saat ini melalui rujukan online, cukup satu lembar kertas atau hanya nomor rujukan saja dibawa ke Puskesmas dan rumah sakit. Hanya saja ia mengakui jika sistem jaringan di Puskesmas dan rumah sakit sangat menentukan. “Puskesmas harus siap jaringan datanya, semua Puskesmas harus by sistem. Lalu kami berani memberi itu (rujukan online,red),” ungkap Hendra J.Rompas. Di Kota Kendari, kata dia, mestinya sudah tidak ada masalah, karena semuanya sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Soal sosialisasi rujukan online, sudah dilakukan secara nasional. “Nanti akan ada evaluasinya, seperti apa perubahannya, dari tujuan lahirnya ini memang kita yakini akan memudahkan masyarakat, seperti menemukan rumah sakit terdekat, dokter dan lainnya,” tutupnya. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top