Pariwara
Wakatobi

Pemkab Wakatobi Siapkan Rp 1 Miliar Insentif Perangkat Adat

H. Arhawi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemberian insentif pada para perangkat adat pada seluruh wilayah di Kabupaten Wakatobi, segera terealisasi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi telah siap mengalokasikan honor bagi para tokoh adat tersebut dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2019 mendatang.

Saat ini pemerintah masih menghimpun jumlah perangkat adat pada Kadie hingga Barata. Baik di Pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia hingga Binongko. Sehingga anggaran yang akan dialokasikan menjadi jelas. Namun, Bupati Wakatobi, H. Arhawi menyebut kemungkinan besar Pemkab akan menyiapkan anggaran untuk insentif perangkat adat, lebih dari Rp 1 miliar. Wakatobi-1 ini mengatakan, hadirnya perangkat adat di tengah-tengah masyarakat dan pemerintah selama ini mempunyai peran penting dan patut diapresiasi.

Sehingga tak salah jika pemerintah memberikan perhatian serius pada mereka. “Kita belum bisa pastikan berapa anggaran yang akan dialokasikan. Tapi, kalau di hitung-hitung kemungkinan lebih dari Rp 1 miliar,” ujar Arhawi, akhir pekan lalu. Tak hanya itu, realisasi insentif perangkat adat ini akan disalurkan mulai Januari 2019. Pihaknya berharap agar pemberian insentif dapat memberikan manfaat yang baik.

Sekadar diketahui, organisasi perangkat adat di pulau Wangiwangi ada empat kadie yakni Wangiwangi, Wangiwangi Selatan, Kapota dan Liya. Tingkat struktur kadie antara 20 sampai 25 orang serta perangkat adat dibawahnya pada level desa dan kelurahan. Ditambah lagi dengan perangkat adat dari Barata Kahedupa lalu di Pulau Tomia hingga Binongko. “Pokoknya semuanya dari Wangiwangi sampai Binongko akan kita beri insentif. Tapi, struktur di tingkat desa akan dibiayai melalui alokasi dana desa,” pungkas Ketua KONI Wakatobi tersebut. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top