Pariwara
Edukasi

Mahasiswa Faperta UHO Juara Favorit Pimnas 2018

Agus Setiawan/Kendari Pos
Mahasiswa Faperta UHO, Resi Muhlizhin, Ummu Khayra Sudianto dan Ricky Andryan memperlihatkan reward dan sertifikat sebagai juara favorit di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Tahun 2018 yang berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Prestasi kembali diukir mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO). Kali ini, tiga mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta), yakni Resi Muhlizhin, Ummu Khayra Sudianto dan Ricky Andryan berhasil menjadi juara favorit presentasi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) kategori Program Kreativitas Mahasiswa – Penelitian Bidang Eksakta (PKM-PE) ke 31 tahun 2018 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), pekan lalu.

Adapun judul penelitian Resi Muhlizhin adalah Ekstrak Patilawa Untuk Mencegah Serangan Nematoda Tanah Pada Akar Tanaman Tomat Lokal Muna. Hal itu disampaikan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Faperta UHO, Dr. La Ode Afa, SP., MSi, pekan lalu. Faperta UHO sebelumnya berhasil meloloskan sebanyak 7 proposal dan telah mendapat pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI, namun hanya satu penelitian yang berhasil sampai tahap presentasi ke Pimnas.

“Ya, hanya ada satu proposal yang lolos sampai ke Pimnas di UNY dan berhasil meraih Juara Favorit Presentasi kategori PKM-PE. Jadi mereka berhak mendapatkan reward dan sertifikat,” ujarnya, pekan lalu. Ini prestasi untuk pertama kalinya, kata La Ode Afa. Ini sekaligus sejarah bagi Faperta UHO berhasil meraih prestasi membanggakan pada ajang bergengsi seperti Pimnas. “Kita akan dorong terus mahasiswa meningkatkan kemampuan dalam penulisan proposal, kalau perlu setiap tahunnya kita akan berikan pelatihan kepada mereka, utamanya bagi mahasiswa baru (maba) baik di tingkat lembaga kemahasiswaan maupun pimpinan di masing-masing jurusan,” terangnya.

Selain PKM, kata La Ode Afa, pihaknya juga berhasil meloloskan dua judul pada tahap verifikasi. Namun, katanya, kedua judul tersebut tidak mendapatkan pendanaan, “Minimal paling tidak, mahasiswa kita telah berusaha untuk meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa. Kedepan, kami berupaya melatih mahasiswa dalam penyusunan proposal, supaya bisa bersaing dengan mahasiswa perguruan tinggi lain. Selain untuk mendapatkan dana dari Kementerian, juga untuk meningkatkan akreditasi fakultas maupun universitas,” tandasnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top