Pariwara
Edukasi

Dua Guru Sultra Juara 1 Lomba Inobel Kemdikbud

Dokumentasi pribadi
Guru SD Lalowata Konawe, Edi Arham, S.Pi., M.Pd (kiri), saat menerima penghargaan sebagai juara I lomba Inobel untuk kategori MIPA (Matematika IPA) tingkat Sekolah Dasar yang dihelat Kemendikbud tanggal 21 September 2018 lalu di Vouk Hotel & Suites Bali.

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) patut berbangga. Itu setelah dua guru asal Bumi Anoa berhasil menyabet juara 1 Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Pendidikan Dasar yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Keduanya adalah Edi Arham, S.Pi., M.Pd guru SD Lalowata Konawe untuk kategori MIPA (Matematika IPA) tingkat Sekolah Dasar dan Suhardin, S.Pd guru SMPN 17 Kendari untuk kategori SORAK (Seni Budaya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan, dan Bimbingan Konseling) tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Penghargaan diberikan saat malam penganugerahan di Vouk Hotel & Suites Bali tanggal 21 September lalu. Sebelum pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan, sebanyak 102 guru SD dan 102 guru SMP yangmasuk dalam finalis dari seluruh Indonesia mengikuti tahapan penilaian finalis berupa display karya dan presentasi naskah di hadapan juri dan peserta lain, sejak tanggal 17 sd. 21 September 2018.

Dihubungi saat tiba di Kendari, Edi Arham mengungkapkan bahwa sebelum meraih juara 1 dirinya telah melalui beberapa tahapan penilaian. “Pada tahun ini, jumlah peserta tingkat SD yang ikut seleksi sebanyak 1114 guru. Penilaiannya dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap pertama merupakan seleksi administrasi secara online, kedua yaitu seleksi naskah yang terdiri dari penilaian konten karya dan plagiarisme yaitu Sitasi dan Similarity, ketiga yaitu tahapan Workshop dan ketiga yaitu tahapan finalis” ungkapnya.

Menurut guru yang juga baru saja meraih juara 2 guru berprestasi dan berdedikasi di daerah khusus tingkat nasional itu, terdapat enam kategori lomba masing-masing, tingkat SD meliputi MIPA, IPSPB (Ilmu Pengetahuan Sosial, PKn dan Bahasa Indonesia) dan SORAM (Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, Pendidikan Agama, dan Muatan Lokal). Tingkat SMP meliputi MIPA, IPSPB dan SORAK (seni budaya, pendidikan agama dan budi pekerti, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, dan bimbingan konseling).

Pada lomba Karya Inobel ini, Edi Arham mengangkat judul Pengembangan Media Pembelajaran Mega Sigra (Media Peraga Simulasi Gerhana) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas 6 Pada Materi Pembelajaran Gerhana. Bahan dasar yang digunakan dalam karyanya yaitu mesin jam dinding jenis swip sebagai pemutar bola bumi dan bula bulan, senter tambang sebagai sumber cahaya matahari, kamera mini yang mampu merekam foto dan video simulasi gerhana ke dalam layar komputer, dan talang air sebagai dasar media.

Sedangkan Suhardin mengangkat judul Pengembangan Media Bekal Terasi (Berkearifan Lokal dan Teknologi Informasi) Prakarya untuk meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Siswa Kelas IX SMPN 17 Kendari. Pada media tersebut Suhardin menonjolkan dan memperkenalkan pembelajaran prosedural kerajinan dengan motif daerah, arsitektur rumah adat Sulawesi Tenggara dan Pengolahan makanan khas menjadi hal yang dominan. Laika, Malige, Lambu Balano, Tawaoloho, parende dan kerajinan motif daerah

Pemenang lain pada kategori SD MIPA, masing-masing juara 2 diraih oleh I Gusti Lanang Klungkung dari Provinsi Bali dan juara 3 diraih Yuiana Rahayu dari provinsi Jawa Barat. Sedangkan pada kategori Sorak SMP Juara 2 diraih Ugan Sigandi dari Provinsi Jawa Barat dan Juara diraih 3 Samsul Farit dari Provinsi Jawa Timur. Selain Edi Arham dan Suhardin, guru lain asal Sultra yang juga ikut menjadi finalis yaitu Syahri Paladha, S.Pd., asal SDN 15 Laonti, Kabupaten Konawe Selatan. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top