Pariwara
Kolaka Utara

Bupati Kolut Motivasi Pemuda Berwirausaha

H. Nur Rahman Umar

KENDARIPOS.CO.ID — Lapangan kerja yang minim menjadi alasan sebagian besar pemuda meninggalkan daerahnya untuk mencari nafkah. Kondisi tersebut menjadi perhatian serius Bupati Kolaka Utara (Kolut), H. Nur Rahman Umar. Ia menganggap, saat ini sangat minim kaum muda yang berpikiran untuk mandiri dengan cara berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja. Padahal, peluang tersebut sangan besar di tengah pesatnya arus persaingan pasar bebas.

“Sebagian besar berpikir kuliah hanya untuk mendapatkan ijazah yang bisa dipakai mendaftar jadi PNS atau bekerja di perusahaan. Karena hanya itu dianggap pekerjaan. Amat minim yang berpikir setelah kuliah ingin sukses berusaha. Akibatnya pengangguran dimana-mana jika tidak dapat kerja,” kritiknya, akhir pekan lalu. Makanya, tahun 2019 mendatang Pemkab Kolut akan berupaya memotivasi para pemuda untuk berwirausaha sesuai kemampuan serta pengalaman masing-masing. Salah satu opsi yang dibidik Pemkab adalah memberdayakan koperasi aktif pada sejumlah wilayah di Kolut.

“Koperasi sebagai wadah bagaimana kita dorong membuka peluang kepada para pemuda agar berwirausaha. Akhir 2018 ini mungkin mulai berjalan namun program ini pada dasarnya untuk 2019,” jelas Kolut-1 tersebut. Solusi mencari modal yang kerap menjadi kendala untuk membuka usaha sudah dipikirkan. Langkah selanjutnya tentu bagaimana manajemen bisa dikelola dengan baik. “Bank siap memberi modal. Jangan selalu berpikir di mana lowongan pekerjaan, tetapi bagaimana menciptakan lapangan kerja sendiri. Jika karena kendala modal, bank siap memberi pinjaman. Pola pikir perlu diubah,” tandas Nur Rahman Umar. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top