Pariwara
Kolaka Utara

Biji Kakao di Kolut Banyak Mengandung Sampah

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perdagangan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengklaim, produksi kakao di Bumi Patampanua itu terus naik setiap tahun. Hal itu tak lepas dari mulai menjamurnya tanaman-tanaman usia baru yang dikembangkan di daerah tersebut. Peningkatan produksi kakao tersebut belum termasuk program revitalisasi yang digalakkan Pemkab Kolut untuk mengganti tanaman tua. Hanya saja, biji kakao dari daerah itu mulai dipandang sebelah mata oleh perusahaan pengumpul karena banyak kandungan sampah yang sengaja dicampur untuk memberatkan timbangan.

Kasi Pengendalian Arus Barang dan Jasa Bidang Perdagangan Kolut, Syainal, menjelaskan, kondisi ini dikhawatirkan dapat merugikan program revitalisasi pemerintah, akibat ulah pengusaha nakal. Contohnya musim panen lalu kualitas dan hasil kakao di wilayah itu lumayan menggembirakan. Hanya saja jika komoditas tersebut sudah lepas dari para petani, maka para pembeli mulai menyiasati. “Saya katakan ini ulah pengusaha nakal. Sampah kakao ini bukannya dipilah namun sengaja dicampur untuk dijual ke perusahaan agar timbangannya berat agar dapat duit lebih. Baru tahun ini kakao dari Kolut ada yang ditolak pembeli di Makassar karena sampahnya banyak,” bebernya, akhir pekan lalu.

Sampah-sampah biji kakao tersebut terkadang memang sengaja tak dibuang pembeli. Bahkan, ada indikasi kotoran itu justru didatangkan dari luar dan masuk ke wilayah itu. Parahnya lagi, sampah ini justru terus bertambah setiap tahun dan beredar di kalangan pengusaha. “Meski kualitas biji kakao Kolut bagus, kalau sampahnya banyak, justru akan membuat perusahaan berpikir dua kali jika tahu kakao itu dari daerah ini,” tuturnya.

Salah satu solusi, harus ada peraturan daerah menyangkut hal itu. Agar sampah-sampah bisa ditertibkan atau disita untuk dimusnahkan. Karena jika tidak, ditakutkan akan semakin bertambah dan tentu berpengaruh pada minat beli. Harga juga menjadi lebih murah dan membuat rugi petani. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top