Pariwara
Wakatobi

Bangunan Pasar Sentral di Wakatobi Belum Dihibahkan

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
HIBAH : Bangunan Pasar Rakyat Sentral Wakatobi yang telah tuntas dikerjakan sejak tahun 2017 lalu, hingga kini tak beroperasi karena belum diserahterimakan pemerintah pusat.

KENDARIPOS.CO.ID — Bangunan Pasar Rakyat Sentral Wakatobi yang telah tuntas dikerjakan sejak tahun 2017 lalu, hingga kini belum beroperasi. Selain masih ada beberapa sarana penunjang yang belum dilengkapi, hibah bangunan yang lokasinya berada di sekitar Mola Raya ini belum juga diserahkan pemerintah pusat ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu, mengakui, hingga kini penyerahan hibah bangunan tersebut belum dilakukan. Mengingat belum ada pemeriksaan dari pemerintah pusat terkait kondisi konstruksi yang dibangun tahun lalu ini. “Jadi, sebelum diserahkan hibahnya ke Pemkab Wakatobi, terlebih dulu diperiksa dulu. Apakah sudah sesuai kontrak atau seperti apa,” ujar Ilyas, akhir pekan lalu.

Mantan Kepala Bapedda Buton itu menambahkan, sejauh ini belum ada pemeriksaan dari pemerintah pusat. “Kalau sudah selesai, barulah diserahkan ke Pemkab dan sebelum difungsikan harus diserahkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wakatobi,” tambahnya.Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Wakatobi, Jamaluddin, mengungkapkan hal senada. Pihaknya belum bisa mengoperasikan bangunan dua lantai tersebut karena belum dilakukan serah terima dari pusat. Apalagi belum ada fasilitas penunjang seperti air bersih dan listrik.

“Intinya kalau kementerian telah menyerahkan ke Pemkab Wakatobi, maka baru diserahkan ke Disperindag. Tapi, kita berharap secepatnya agar pasar bisa dimanfaatkan,” paparnya. Sekadar diketahui, bangunan Pasar Rakyat Sentral Wakatobi dibangun melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun 2017 sebesar Rp 6 miliar. Proyek ini dikerjakan selama enam bulan dan masa pemeliharaan tiga bulan. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top