Pariwara
Metro Kendari

Aset Pemkot Kendari Capai Rp 9 Triliun

Susanti

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari saat ini sudah memiliki aset sekira Rp 9 triliun. Aset itu terdiri dari aset tetap yang mencapai Rp 4,9 triliun, dan aset lainnya mencapai Rp 5 triliun. Total aset tersebut meningkat signifikan dibanding tahun 2016 yang hanya mencapai hampir Rp 5 triliun. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti mengatakan jumlah aset itu belum terakumulasi dengan pengadaan di tahun 2018 ini. Sebab datanya akan tuntas diinput per 31 Desember nanti. “Rekapitulasi barang ke neraca aset per 31 Desember 2017. Tahun ini belum terhitung karena belum tuntas,” ujarnya akhir pekan lalu.

Bertumbuhnya aset dari tahun 2016 hingga tahun 2017 karena sejumlah proyek multiyear yang dituntaskan pada pemerintahan duet Asrun-Musadar. Aset tanah dan aset tak berwujud mendominasi jumlah kepemilikan aset Pemkot Kendari jika dikonversi dalam rupiah. “Aset tak berwujud itu seperti aset aplikasi, karena saat ini banyak menggunakan sistem online, seperti akrual dan lainnya,” ungkap Susanti. Perhitungan aset tahun ini kata Susanti, sudah menggunakan sistem pelaporan barang milik daerah (BMD) online. “Jadi dengan adanya Simda BMD online ini, memudahkan dinas atau instansi, utamanya SKPD pengelola barang untuk menginput data aset dan melaporkan langsung tanpa harus ke BPKAD lagi,” paparnya. (lyn/b)

Aset Tetap (Rp 4,9 Triliun)

-Tanah Rp 2,4 triliun
-Peralatan dan mesin Rp 307 miliar
-Gedung dan bangunan Rp 733 miliar
-Jalan, irigasi dan jembatan Rp 1,4 triliun
-Konstruksi dalam pengerjaan Rp 1,9 triliun

Aset Lainnya (Rp 5 Triliun)

-Aset kondisi rusak Rp 86 miliar
-Aset yang dimanfaatkan pihak lain Rp 1,9 triliun
-Aset tak berwujud Rp 3 triliun

Sumber : BPKAD Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top