Pariwara
Konawe Utara

Inspektorat Konut Temukan Empat Desa Bermasalah

Paul Patri Dinar

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan keuangan dana desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat melalui APBN ternyata banyak menimbulkan masalah. Indikasi pelanggaran yang masuk pada Inspektorat Konawe Utara (Konut) sejak tahun 2017 sampai 2018 menyebutkan, terdapat empat kepala desa dilaporkan menyalahgunakan DD. Kepala Inspektorat Konut, Paul Patri Dinar, menuturkan, sejak tahun 2017 hingga saat ini pihaknya fokus pada pengawasan pengelolaan dana desa. Sementara untuk laporan masyarakat terkait penggunaan DD yang masuk di meja Inspektorat hanya empat laporan.

“Kalau laporan masyarakat banyak yang masuk pada aparat penegak hukum. Sehingga aparat penegak sering berkoordinasi dengan kami terkait laporan itu. Sedangkan untuk laporan yang masuk di meja Inspektorat hanya empat,” ulang mantan Sekretaris Inspektorat itu. Paul menyebutkan, laporan empat desa yang masuk itu terkait pelanggaran pengelolaan DD tahun berjalan. Sayangnya, Paul enggan merinci desa-desa dimaksud. Pihaknya sudah membentuk panitia khusus (Pansus).

Hasilnya, keempat desa tersebut dianggap melakukan pelanggaran pengelolaan dana desa. “Tinggal laporan hasil pemeriksaan yang kita tunggu. Pelanggarannya ada yang sifatnya administrasi, juga sampai ke pidana,” ujarnya. Paul Patri Dinar menyebutkan pihaknya saat ini masih memberikan toleransi untuk memperbaiki pelanggaran yang sudah dilakukan. Namun jika kebijakan tersebut diabaikan, maka Inspektorat akan merekomendasikan pada penegak hukum untuk menindaklanjutinya.

“Kita ini tidak hanya sebatas pemeriksaan. Tetapi juga berfungsi melakukan peringatan dini pada pemerintah desa sebagai bentuk pembinaan. Bila peringatan tidak diindahkan, baru kita dorong ke penegak hukum,” tandasnya. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top