Pariwara
Konawe Utara

Beasiswa Konasara Konut Capai Rp 1,5 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan anggaran bantuan pendidikan di Perguruan Tinggi melalui beasiswa Konasara. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut, Lapeha, merinci, alokasi anggaran beasiswa pendidikan yang digelontorkan Pemkab Konut sebesar Rp 1.558.000.000. Besaran anggaran beasiswa Konasara itu diperuntukan bagi mahasiswa dengan berbagai jenjang pendidikan.

Mulai dari mahasiswa diploma III (DIII), strata satu (SI), magister (S2) maupun yang sedang menempuh pendidikan doktoral (S3). Pengalokasian dana tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Konut di bawah kepemimpinan Bupati, Ruksamin dalam memberikan bantuan bagi mahasiswa daerah dalam meraih cita-cita.

“Besaran beasiswa setiap mahasiswa yang diterima bervariasi, disesuaikan dengan tingkat pendidikan yang ditempuh,” ujar mantan Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Konut itu. Lapeha menambahkan, saat ini realisasi anggaran beasiswa Konasara yang telah terdistribusi pada mahasiswa telah mencapai 90 persen. Pengalokasianya dibagi dalam dua tahap.

Pada tahap pertama telah terdistribusi pada semua mahasiswa asal Konut yang sudah mengajukan permohonan bantuan beasiswa. “Kita bagi dua tahap dalam distribusi anggaran beasiswa Konasara. Ini kita lakukan agar lebih mudah menyalurkan dananya,” jelas Lapeha. Ia menyebutkan, untuk mahasiswa DIII yang sudah menerima beasiswa Konasara sebanyak 107 orang, S1 1.273 orang, S2 71 orang. Sementara untuk S3 ada tiga orang. “Untuk jumlah yang diterima mahasiswa D3 dan S1 masing-masing Rp 1 juta, S2 sebesar Rp 2 juta. Sementara mahasiswa S3 Rp 3 juta. Total dana yang sudah terdistribusi sebesar Rp 1.531.000.000. Sehingga masih tersisa dana sekitar Rp 27 juta,” urainya.

Sisa dana tersebut, kata Lapeha masih disiapkan untuk mahasiswa asal Konut yang belum terakomodir. Makanya, ia menyampaikan agar mahasiswa yang belum mendapatkan beasiswa secepatnya mengajukan permohonan untuk direalisasikan. Tentunya dengan melengkapi segala persyaratan administrasi tempat mahasiswa menempuh pendidikan. “Penyaluran beasiswa dikirimkan melalui rekening mahasiswa yang bersangkutan. Jadi tinggal menyiapkan rekeningnya,” tandas Lapeha. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top