Pariwara
Hukum & Kriminal

Terbukti Jual HP Bodong, Pemilik Konter Dikategorikan Penadah

AKP Diki

KENDARIPOS.CO.ID — Aksi pencurian handphone (HP) masih marak terjadi di Kota Kendari. Usai beraksi, biasnya para pelaku menjual HP hasil curian ke konter-konter. Polres Kendari pun mengingatkan para pemilik konter agar tidak membeli lalu menjual HP tanpa dokumen resmi.
Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP Diki Kurniawan mengatakan banyak laporan kehilangan HP di Kota Kendari yang diterimanya. Ada yang mengaku kecurian di kendaraan pribadi, dan ada juga yang kehilangan HP di rumah. Dia menduga ada konter HP yang biasa menampung barang-barang tersebut. “Apalagi saat ini, penjualan handphone bodong sangat bebas. Yang sering kami temukan penjualan melalui media sosial melalui grup di facebook,” ujarnya, Jumat (21/9/2018).

AKP Diki menambahkan bukan hanya HP yang kerap ditawarkan di media sosial, tetapi juga kendaraan bodong. AKP Diki menegaskan tidak segan-segan menindak konter yang menadah HP atau barang elektronik lainnya tanpa dilengkapi surat-surat. Itu dilakukan karena dari hasil pengembangan para pelaku pencurian mengaku menjual HP curian ke konter dan melalui media sosial. “Kita akan tindak saja. Kalau sudah diberitahu tapi tidak diindahkan. Kami sampaikan ini, khususnya kepada pemilik konter HP,” ungkapnya.

Jika terbukti menerima dan menjual HP hasil curian, para pemilik konter dapat dikategorikan penadah. “Ada beberapa pelaku pencurian yang kami tangkap dan sudah kami jebloskan ke penjara. Untuk para penadah barang curian, kami kenakan pasal 480 KUHP,” tutup AKP Diki Kurniawan. (ade/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top