Pariwara
Konawe Kepulauan

Masih Ada Warga Konkep Belum Terdaftar Jamkesda

Muh. Rustam Arifin

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) untuk memberikan jaminan kesehatan gratis pada seluruh warganya, belum seluruhnya terealisasi. Buktinya, masih ada warga di daerah itu yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan daerah (Jamkesda), meski telah diprogramkan Bupati Konkep, H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhmad Lutfi.

Misda, warga Kecamatan Wawonii Utara, mengaku, dirinya sudah sempat mengurus persyaratan administrasi di Dinas Sosial (Dinsos) untuk mendapatkan kartu Jamkesda tersebut. Tetapi harapan ibu satu anak itu untuk mendapatkan kartu kesehatan gratis dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Konkep, pupus. “Kata pihak BPJS, anggaran dan kuota Jamkesda untuk Konkep sudah habis. Kami disuruh urus BPJS Mandiri dulu sambil menunggu lagi kuotanya,” keluh Misda.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Sosial Konkep, Muh. Rustam Arifin, membenarkan, kuota Jamkesda tahun 2018 ini telah habis. Ia berargumen, banyak warga di wilayah itu belum memiliki kartu keluarga (KK) saat dilakukan pendataan awal. Makanya, ada warga yang belum bisa mendapatkan kartu Jamkesda tahun ini. Karena dalam sistem persyaratan data untuk mendapatkan kartu Jamkesda, harus memiliki nomor induk kependudukan (NIK). “Prediksi kami dari awal, dengan anggaran Rp 1,5 miliar sudah bisa mengakomodir keseluruhan warga Wawonii untuk mendapat Jamkesda. Tapi ternyata di lapangan masih ada yang belum. Ini disebabkan kelalaian masyarakat sendiri. Karena mereka tidak mengurus lebih awal KK, sehingga kuota yang sudah disiapkan dengan anggaran Rp 1,5 miliar, peminatnya membludak,” alasan Muh. Rustam Arifin, Kamis (20/9).

Ia menyebut, sekitar 5.000 lebih warga di Bumi Kelapa itu sudah mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang dialokasikan melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2018. Tetapi pihaknya berupaya, akan menganggarkan pada APBD Perubahan, agar kuota Jamkesda Konkep bisa mengakomodir seluruh warga. “Kami targetkan pelayanan kesehatan gratis tuntas tahun 2019. Dalam APBD-P tahun ini, kami akan upayakan kuotanya. Bagi warga yang sudah mengurus BPJS mandiri, akan kami integrasikan di 2019,” janjinya. (b/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top