Pariwara
Metro Kendari

Mantap ! Sajikan Sate Pokea Terbanyak, PKK Kendari Raih Rekor Dunia

Plt. Ketua TP PKK Kota Kendari Sri Lestari (kiri) menerima piagam rekor dunia yang diserahkan oleh Jaya Suprana (tengah) penggagas Muri yang dipercayakan oleh Rekor Dunia menyerahkan piagam di MOI Jakarta, .

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Penggerak PKK Kota Kendari baru saja mencatatkan namanya di Museum Rekor-Dunia. Prestasi itu berkat penyajian puluhan ribuan tusuk sate pokea pada perayaan Hari Ulang Tahun Kota Kendari ke-187 pada 9 Mei 2018 lalu. Siapa sangka, hanya melalui sate pokae, Kendari bisa harum di dunia internasional.

Padahal sebelumnya, Pemkot hanya menargetkan 76.000 tusuk sate pokea yang pernah disajikan itu hanya sampai pada rekor Museum Indonesia. Plt. Ketua PKK Kota Kendari, Sri Lestari mengaku dirinya terkejut sekaligus bangga mendapat undangan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) yang bekerja sama dengan Museum Rekor Dunia.

Sri Lestari pun memenuhi undangan acara 20 September yang berlangsung di Mall Off Indonesia (MOI). “Kita bawa juga sate pokea 500 tusuk dan gogos untuk disajikan di acara penyerahan piagam rekor itu kemarin. Ini benar-benar membuat kita bangga bisa memperkenalkan makanan tradisional kita pada orang-orang mancanegara,” jelasnya saat dihubungi, Kendari Pos, Jumat (21/9/2018).

Untuk diketahui, pada acara HUT Kota Kendari Mei lalu, Pemkot menggelar makan sate pokea bersama di jalan samping kantor wali kota. Ribuan masyarakat menyerbu sate yang disajikan panitia. Kota Kendari yang terdiri dari 65 kelurahan dan 11 kecamatan yang masing-masing kecamatan dan keluarahan itu menyiapkan 100 porsi sate pokea. Setiap porsi terdiri dari 100 tusuk sehingga totalnya mencapai 76.000 tusuk. Sementara rekor dunia sebelumnya hanya 5.000 tusuk. “Dengan adanya rekor ini, kami berharap sate pokea bisa lebih familiar lagi. Orang Kendari tidak malu lagi menjadikan sate pokea ini sebagai menu favorit di setiap acara di daerah, nasional bahkan internasional,”sambungnya.

Ia pun meminta agar masyarakat bisa lebih berkreasi dengan pokea. Sajiannya lebih variatif lagi. Misalnya kata Sri, seperti bakso pokea, sambal goreng pokea, peyet pokea dan lain sebagainya. “Sehingga pada akhirnya masyarakat kecil yang berprofesi sebagai penjual sate ini bisa terangkat kesejahteraannya,” tambahnya. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top