Pariwara
Muna Barat

Perkebunan Tebu Harus Tingkatkan Ekonomi Mubar

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran perusahaan perkebunan tebu di Muna Barat (Mubar) harus dapat mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Penegasan tersebut disampaikan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada. Ia menyebut, saat ini perusahaan berbendera PT Wahana Surya Argo akan mendirikan pabrik gula dan tebu dan telah melalui berbagai tahapan. “Kawasan lahan pembuatan pabrik tebu di Kecamatan Wadaga itu akan mendapatkan sejuta manfaat,” yakinnya, kamis (20/9).

Soal status lahan yang merupakan kawasan hutan produksi konversi, dijelaskan, kawasan itu sudah menjadi milik perusahaan sejak tahun 2010. Ketika itu, Pemkab Muna (sebelum Mubar mekar) telah memberikan surat keputusan penyerahan lahan untuk lokasi penanaman tebu. Kemudian dilakukan koordinasi dan pengajuan permohonan ke Kementerian Kehutanan untuk melepas kawasan hutan produksi konversi menjadi areal perkebunan tebu.

“Pada Juli 2018, Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Rakyat telah memanggil Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemkab Mubar untuk melakukan komunikasi terkait calon lokasi sentral gula,” papar Mubar-1 tersebut. Ia meminta agar kepentingan dan hak masyarakat pada lahan sebesar 20 persen dapat ditingkatkan atau seluas 1.400 hektare dari 4.003 hektare.

Jika perusahaan perkebunan tebu tersebut benar-benar berinvestasi di Mubar, maka masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Apalagi ada komitmen antara Pemkab dan pihak penanam modal, tenaga kerja harus diserap dari Mubar antara 8.000 hingga 10.000 orang. “Pihak perusahaan mengantongi kontrak dengan Kementerian Kehutanan. Kami hanya melanjutkan dan memfasilitasi sesuai kebijakan nasional. Tidak ada main mata antara Pemkab Mubar dan perusahaan. Silahkan cek dan turunkan tim dari mana saja, saya siap bertanggung jawab,” tandas Rajiun. (c/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top