Pariwara
Konawe

Pemkab Konawe : Desa Harus Inovatif Kelola DD

Helmin/Kendari Pos
DD : Suasana sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknik desa dan rapat koordinasi tim program inovasi desa (PID) 2018, kamis (20/9)

KENDARIPOS.CO.ID — Kapasitas desa terus dikuatkan sehingga dapat mencapai target RPJM dan program prioritas Kementerian Desa PDTT. Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa dan rapat koordinasi tim program inovasi desa (PID) 2018.

Dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Konawe, H. Tasman Taewa menjelaskan, tim tersebut ada supaya desa mampu menciptakan berbagai program inovatif, dalam menggunakan dana desa (DD). “Jadi gunakan DD itu bukan hanya untuk drainase, jalan atau sumur. Bisa juga berbagai program lain yang bermanfaat bagi perekonomian masyarakat, sesuai potensi yang ada di desa,” ujar Tasman, kamis (20/9) di hadapan peserta dan undangan dari kalangan tim PID dari DPMD, Bappeda, Dinkes, Dikbud, Dinas PU, Disperindagkop, Diskominfo dan unsur LSM.

Secara umum, tim Inovasi Kabupaten ada untuk mendorong penggunaan DD yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa. “Dalam jangka menengah, upaya ini diharapkan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan, serta membangun kapasitas berkelanjutan, untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi maayarakat dan Kementerian Desa,” ungkap mantan Kadispora Sultra tersebut.

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan Desa, La Ode Ainda, mewakili Kepala DPMD, H. Sulwan Abunawas menjelaskan, Tim Inovasi terdiri dari dua kelompok kerja, yakni Pokja Pertukaran Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) untuk menyebarluaskan praktik pembangunan inovatif. Kemudian, Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) bertujuan agar desa mendapat jasa layanan teknis secara lebih berkualitas dan profesional.

“Saya mengajak kita semua, manfaatkan pertemuan ini sebagai media belajar bersama, menyamakan persepsi menyatukan tekad dan komitmen untuk mendukung serta menyukseskan program inovasi desa. Insya Allah program ini akan berdampat positif bagi percepatan pencapaian kemakmuran, bagi masyarakat Konawe,” tandas La Ode Ainda. (c/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top