Pariwara
Nasional

Mendikbud Minta Guru Honorer Tak Mogok

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy meminta guru honorer K2 tidak mogok mengajar. Sebab, hal itu akan berdampak kepada siswa. “Saya imbau jangan mogoklah. Ingat anak-anak didiknya,” kata Muhadjir di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/9).

Dia menambahkan, apa pun aktivitas yang digunakan untuk mengekspresikan pendapat atau pikiran, supaya dihindari sejauh mungkin menggangu kegiatan belajar mengajar siswa. “Karena kalau terjadi maka akan mengurangi kadar profesionalisme dia sebagai seorang tenaga didik,” ungkapnya.

Muhadjir mengaku tetap menghargai pendapat, apalagi itu berkaitan dengan nasib guru. “Akan kami hargai betul. Sebetulnya pemerintah sangat memperhatikan,” ujarnya. Menurut dia, jauh sebelum honorer berunjuk rasa, pemerintah sudah melakukan dialog-dialog untuk mencarikan jalan keluar karena ada masalah yang harus diselesaikan. “Pertama masalah legal formalnya. Kemudian juga masalah teknis permasalahannya. Pada prinsipnya pemerintah tetap memperhatikan,” jelasnya. Dia mengatakan pihaknya pengin ada solusi karena kehadiran para guru honorer sangat dibutuhkan. “Mereka juga sudah menunjukkan kesungguhannya sebagai orang yang mengabdi di bidang pendidikan,” katanya.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengingatkan, persoalan guru honorer ini terjadi dari waktu ke waktu. Pemerintah sampai saat ini kata Bamsoet, terus mencarikan solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Bamsoet mengatakan, DPR sudah menerima pengaduan masyarakat termasuk PGRI ihwal banyaknya guru-guru yang belum diangkat. “Ini sebenarnya problem,” kata Bamsoet di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/9). Bamsoet menuturkan, di tengah banyaknya honorer yang belum diangkat, di sisi lain pemerintah masih membuka lagi pendaftaran CPNS. “Saran kami DPR melalui komisi terkait sebaiknya pemerintah mengangkat dulu yang honorer, baru buka CPNS baru,” imbuhnya. (wan/boy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top