Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Melalui Gebyar UKM 2018, JNE Dorong Pengembangan UKM Sultra

Support UKM: Branch Manager JNE Cabang Kendari, Ratna Sari (berdiri) saat memberikan pelatihan pada seminar Gebyar UKM tahun 2018 yang berlangsung di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Kamis (20/9). Foto: Agus Setiawan/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — PT. Jalur Nugaraha Ekakurir (JNE) Cabang Kendari tidak hanya sebatas penyedia jasa pengiriman logistik. JNE turut berkontribusi dalam pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sultra.

Kamis (20/9) bertempat di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), JNE mendukung kegiatan dari Markplus yang mengadakan Gebyar UKM tahun 2018 yang diikuti sekira 400 pelaku UKM di Bumi Anoa.

Branch Manager JNE Cabang Kendari, Ratna Sari menjelaskan, kegiatan Gebyar UKM ini sebelumnya sudah dilaksanakan. Dimulai dari Deli Serdang, Sumatera Utara, pada 31 Juli 2018 lalu dan nantinya Gebyar UKM ini akan berakhir pada November mendatang, tepatnya di Purwakarta, Jawa Barat, pada 29 November 2018 mendatang. “Kali ini gebyar UKM Indonesia 2018 hadir di Kendari dan menjadi Kota ke 15 yang disambangi setelah sebelumnya sukses digelar di Kabupaten Kudus,” ujarnya.

Lanjut dia, tujuan kegiatan adalah untuk mengedukasi UKM yang ada di Sultra khususnya di Kota Kendari untuk lebih mengenal bagaimana sih proses bisnis diera digital saat ini. “Selain memiliki jiwa entrepreneur UKM harus punya jiwa pemasaran. Karena yang paling penting dari membuka sebuah usaha adalah faktor marketnya atau pasar. Harus tahu dulu, pasarnya ada atau tidak,” tutur Ratna.

Selain diisi seminar seputar UKM dari pakarnya, Gebyar UKM 2018 akan melibatkan langsung para UKM dengan konsep kurasi. Para UKM diajak berpartisipasi untuk mendaftarkan bisnis mereka, dimana yang terpilih berkesempatan mendapatkan slot promosi selama event berlangsung, sehingga usahanya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas serta mendapat target pasar potensial.

Kurasi akan dipandu oleh para dewan kuraror yang berpengalaman dibidang UKM salah satunya Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Samuel Watimena dan Executive Vice President International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Dr. Jacky Mussry.

Ratna berharap pelaksanaan Gebyar UKM tahun ini bisa memberikan manfaat untuk semua pihak yang ikut, entah itu penyelenggara, sponsor, maupun peserta dan UKM di Sultra. “Semoga melalui kegiatan ini, UKM yang ada di Sultra bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan dan bisa bersaing dengan UKM di daerah lain,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top