Pariwara
Kolaka

Antam Tanam 132 Ribu Mangrove di Kolaka

PT ANTAM TBK UBPN SULTR FOR KENDARI POS
JAGA LINGKUNGAN : Pihak PT Antam Tbk UBPN Sultra melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan Pantai Harapan Pomalaa. Titik lain menjadi sasaran berikutnya.

KENDARIPOS.CO.ID — PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Unit Busnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra memerlihatkan kepeduliannya pada penataan lingkungan. Terbaru, BUMN tersebut melakukan penghijauan pada dua titik area reklamasi sekitar wilayah operasional di Kecamatan Pomalaa. Zona tersebut adalah Pantai Harapan Pomalaa dan di wilayah Pesisir Tambang Selatan. Di dua titik tersebut, PT Antam menanam pohon mangrove (bakau).

Health Safety Environment (HSE) Manager PT Antam Tbk UBPN Sultra, Bara Mahendra Sukaton, mengungkapkan, program penghijauan seperti itu telah dilakukan sejak tahun 2014. Pada tahun 2018 ini, pihaknya berencana menanam 132 ribu pohon mangrove. Penanaman dibagi dalam tiga tahap.

“Tahap pertama telah dilakukan pada tanggal 6 sampai 8 September lalu dengan menanam 16.664 pohon. Untuk penanaman tahap kedua kami akan menanam 32.328 pohon mangrove dan saat ini sedang berlangsung. Sedangkan untuk penanaman tahap tiga akan dilakukan pada pekan keempat September ini di Pesisir Tambang Selatan yang berada antara Desa Oko-oko dan Sopura. Dalam kegiatan penghijauan ini kami melibatkan 10 kelompok karang taruna dari 10 desa dan kelurahan di Kecamatan Pomalaa,” ungkapnya, Kamis (20/9).

Bara menuturkan, penanaman mangrove dilakukan untuk menghambat sedimentasi di area pesisir Pomalaa. Pemilihan Pantai Harapan dan Pesisir Tambang Selatan sebagai lokasi penghijauan, karena sedimentasi di dua titik tersebut paling tebal. “Sedimen punya pengaruh buruk terhadap pertumbuhan terumbu karang dalam melakukan fotosintesis. Untuk itu, kami berupaya merehabilitasi kembali pesisir dengan menanam mangrove untuk memulihkan terumbu karang tersebut. Mangrove sangat penting untuk melindungi kawasan pesisir Pomalaa karena dapat menyaring endapan lumpur yang terbawa aliran air sungai hingga ke muara,” jelasnya diamini Public Relation Assistant Manager PT Antam UBPN Sultra, Dedy Supriyadi. (b/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top